Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sedang Berkebun, Keluarga di Inggris Gali Harta Karun Peninggalan Raja Henry VIII

KOMPAS.com - Sebuah keluarga di Inggris yang tengah berkebun, tanpa sengaja menemukan harta karun yang berharga.

Harta karun tersebut berupa tumpukan koin yang terdiri dari 63 koin emas dan 1 koin perak.

Diperkirakan koin-koin tersebut terkubur sekitar tahun 1540, ketika Raja Henry VIII masih hidup dengan bergambar raja Inggris.

Seperti dikutip dari Live Science, Senin (14/12/2020) usai penemuan tersebut, keluarga Inggris itu segera melaporkan temuannya ke British Museum yang menjalankan program bernama Portable Antiquities Scheme (PAS), sebuah program yang bermitra dengan masyarakat lokal untuk menemukan artefak sejarah di Inggris sehingga dapat didokumentasikan dan dipelajari.

Menurut British Museum, siapa pun yang menyimpan koin itu merupakan orang yang mampu.

Pasalnya, setelah ditaksir koin-koin tersebut bernilai sekitar £24 pada saat itu atau setara dengan £14.000 hari ini. Jika dikonversikan dengan mata uang rupiah, koin tersebut saat ini senilai Rp 262 juta.

John Naylor, seorang ahli koin dari Museum Ashmolean di Universitas Oxford, mengatakan kemungkinan besar seorang pedagang kaya mengubur tumpukan koin-koin tersebut.

Selain itu, Naylor juga berpendapat jika orang yang mengubur koin kemungkinan adalah anggota pendeta.


Pasalnya, akhir tahun 1530-an dan 1540-an terjadi pembubaran biara. Beberapa gereja memang berusaha menyembunyikan kekayaan mereka, berharap mereka dapat menyimpannya dalam jangka panjang.

Terlepas dari siapa yang mengubur koin, temuan tersebut merupakan temuan yang penting.

Sebab menurut Naylor, tidak terlalu sering ditemukan emas sebanyak itu yang berasal dari periode 1400-an.

Meski demikian, koin-koin itu sendiri masih  menyisakan misteri. Seperti misalnya mengapa inisial istri Henry diletakkan di koin. Langkah tersebut dipandang aneh mengingat banyaknya pernikahan Henry VIII.

Sehingga inisial pada koin sering berubah. Tetapi setelah pernikahan ketiganya dengan Jane Seymour, Henry menghentikan praktik tersebut.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/14/160500723/sedang-berkebun-keluarga-di-inggris-gali-harta-karun-peninggalan-raja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke