Polemik Lobster, Bagaimana Potensi Benih Lobster Alam di Laut Indonesia?

Kompas.com - 27/11/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi: Benih lobster Dok. Kementerian Kelautan dan PerikananIlustrasi: Benih lobster

KOMPAS.com - Polemik menyangkut lobster sudah terjadi sejak Edhy Prabowo diberikan amanah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Untuk diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekayaan laut terbesar di dunia. Dengan total luas wilayah perairan mencapai 6,32 juta km2, total garis pantai yang tercatat adalah sepanjang 81.000 kilometer.

Salah satu kekayaan laut yang dimiliki oleh negara Indonesia adalah area terumbu karang yang sangat luas dan merupakan habitat utama lobster.

Lobster dianggap sebagai salah satu komoditas laut Indonesia yang memiliki peranan penting baik dari segi ekologi maupun ekonomi.

Baca juga: Soal Benih Lobster, Ahli Paparkan Dampak dan Peraturan Penangkapannya

Pakar crustacea Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Rianta Pratiwi dalam keterangan resmi laman LIPI mengatakan bahwa lobster tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia.

Penyebaran itu pun hampir merata karena lobster hidup di perairan dangkal hingga kedalaman 100-200 meter di bawah permukaan laut dengan kisaran suhu 20-30 derajat celcius.

"Mereka biasanya menyenangi daerah terumbuh karang, bersembunyi di dalam lubang atau dibalik batu-batu karang yang airnya dangkal di daerah tropis ataupun semi tropis," kata Rianta.

Menurut Riana, saat ini Indonesia mempunyai tujuh jenis lobster, yaitu sebagai berikut.

1. Lobster pasir (Panulirus homarus)

2. Lobster batik (Panulirus longipes)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X