Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terancam Punah, Populasi Platipus Diprediksi Menghilang di Australia

Kompas.com - 25/11/2020, 16:04 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor

Sumber ABC


KOMPAS.com- Platipus adalah spesies asli Australia, dengan bentuk fisik yang unik yakni memiliki paruh dan kaki seperti bebek. Siapa sangka jika hewan unik ini tengah menghadapi ancaman kepunahan.

Menurut studi yang dilakukan sejumlah peneliti di University of New South Wales (UNSW), populasi hewan semi-akuatik ini mengalami penurunan terburuk, seperti dikutip dari ABC News, Rabu (25/11/2020).

Penurunan populasinya terutama tampak di wilayah seperti Lembah Murray-Darling, sebab sistem sungai alaminya kini telah dimodifikasi oleh manusia.

Peneliti menyebut bahwa hanya dalam waktu 30 tahun, spesies ini telah kehilangan 22 persen habitatnya di Australia.

Baca juga: Temuan Baru, Tubuh Platipus Bisa Menyala dalam Gelap

 

Menurut penelitian, pembangunan bendungan, ekstraksi berlebih, pembukaan lahan, polusi serta pemangsaan oleh anjing liar dan rubah menjadi ancaman utama platipus.

Bahkan, diperkirakan setengah populasi spesies unik ini musnah dan menghadapi kepunahan akibat berbagai ancaman tersebut.

Richard Kingsford, penulis laporan penelitian dari UNSW mengatakan dikhawatirkan populasi platipus akan menghilang dari beberapa sungai dan tidak akan pernah kembali.

Ancaman kepunahan platipus tersebut dapat saja terjadi, jika jumlah sungai terus menurun karena kekeringan dan pembangunan bendungan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com