Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, FDA Izinkan Otorisasi Darurat Tes Virus Corona di Rumah

Kompas.com - 18/11/2020, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Guna memperluas jangkauan deteksi terhadap infeksi Covid-19, FDA Amerika Serikat akhirnya memberi lampu hijau untuk dilakukan tes virus corona di rumah.

Otorisasi darurat itu dikeluarkan FDA pada Selasa (17/11/2020), dan merupakan yang pertama kalinya dilakukan, di mana tes Covid-19 tersebut dapat dijalankan dari awal hingga akhir hanya di rumah saja.

Dengan kebijakan tes Covid-19 di rumah tersebut akan membuka jalur potensial untuk pengujian yang lebih luas di luar pengaturan perawatan kesehatan.

Angka infeksi virus corona secara global seperti dikutip dari Worldometer, telah mencapai hampir 56 juta kasus dengan angka kematian akibat Covid-19 mencapai lebih dari 1,3 juta.

Sementara di Amerika Serikat, angka kasus infeksi terus melonjak, kini telah mencapai lebih dari 11,6 juta kasus, dengan angka kematian mencapai 254.255 orang. Angka kasus Covid-19 di Amerika Serikat telah menjadikan negara ini sebagai hotspot penularan tertinggi di dunia.

Baca juga: Bantu Lawan Corona, LIPI Kembangkan Obat Herbal dan Alat Tes Covid-19

 

Dilansir dari New York Times, Rabu (18/11/2020), tes virus corona di rumah dilakukan dengan cara swab atau usap hidung. Perangkat tes Covid-19 tersebut dikembangkan oleh salah satu perusahaan kesehatan, Lucira Health yang berbasis di California.

Tes tersebut memang membutuhkan resep dari penyedia kesehatan, dan orang yang berusia di bawah 14 tahun juga tidak dapat melakukan tes sendiri.

Berbasis swab test, maka pengujian ini cenderung lebih sederhana dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mendapatkan hasilnya. Harga alat tes ini diproyeksikan akan dipasarkan dengan harga sekitar 50 dollar Amerika.

Bahkan, dokter juga dapat melakukan tes pada pasiennya, termasuk pada anak-anak di bawah 14 tahun.

Baca juga: FDA Peringatkan, Hasil Tes Antigen Covid-19 Bisa Positif Palsu

Ada sejumlah tes lain yang juga telah mengantongi otorisasi penggunaan darurat oleh FDA untuk pengambilan sampel di rumah, yang selanjutnya dikirimkan ke laboratorium untuk diproses.

Akan tetapi, tes yang dikembangkan Lucira adalah yang pertama menyediakan pengujian tanpa perantara.

"Otorisasi ini untuk tes lengkap di rumah yang merupakan langkah signifikan menuju tanggap nasional FDA terhadap Covid-19," kata Jeff Shuren, direktur Pusat Perangkat dan Kesehatan Radiologi FDA.

Jeff menambahkan saat ini mungkin sudah banyak orang Amerika yang terinfeksi. Dengan mengambil langkah cepat dalam mendeteksi Covid-19 melalui tes virus corona di rumah, maka itu menjadi upaya untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com