Kompas.com - 16/11/2020, 11:03 WIB
Ilustrasi mutasi virus SARS-CoV-2. SHUTTERSTOCK/peterschreiber.mediaIlustrasi mutasi virus SARS-CoV-2.

KOMPAS.com - Sebelumnya para ilmuwan menunjukkan bahwa mutasi virus corona SARS-CoV-2, D614G, membuat virus lebih mudah menular dengan cepat.

Namun, mutasi virus tidak selalu buruk. Mutasi virus juga menyebabkan perubahan pada protein spike yang membuat virus lebih rentan terhadap vaksin.

Protein spike adalah protein yang berbentuk paku di permukaan virus corona. Protein spike ini digunakan oleh virus corona untuk mengikat dan menyerang sel inang atau manusia.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Science, para ilmuwan di University of North Carolina di Chapel Hill dan University of Wisconsin-Madison merinci mutasi virus corona D614G.

Baca juga: Mutasi Virus Corona Penyebab Covid-19, Ini yang Ilmuwan Sudah Ketahui

Ilmuwan sudah mengetahui adanya mutasi D614G sejak beberapa bulan lalu.

Penelitian sebelumnya menunjukkan kemungkinan mutasi D614G muncul di Eropa sebelum menjadi varian paling umum di dunia.

Studi baru ini mendukung gagasan tersebut.

Mereka menemukan bahwa varian D614G bereplikasi lebih cepat dan lebih mudah ditularkan daripada virus yang berasal dari China.

Untuk lebih memahami varian ini, peneliti menginfeksi hamster dengan virus corona SARS-CoV-2 mutasi D614G dan varian asli. Kemudian hamster itu ditempatkan di samping delapan hamster yang tidak terinfeksi.

Udara bisa lewat di antara kandang, tetapi hamster tidak bisa menyentuh satu sama lain secara fisik.

Eksperimen menunjukkan bahwa varian D614G tersebut tampaknya mereplikasi sekitar 10 kali lebih cepat dan lebih menular.

"Kami melihat bahwa virus yang bermutasi (D614G) lebih mudah menular dibanding virus (asli). Ini mungkin menjelaskan kenapa virus corona yang bermutasi mendominasi manusia," kata Yoshihiro Kawaoka, penulis studi dan ahli virologi di Universitas Wisconsin-Madison, dilansir dari IFL Science, Jumat (13/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X