Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Sarankan Deteksi Pembawa 2 Mutasi Genetik Virus Corona, Kenapa?

Kompas.com - 27/09/2020, 19:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Para peneliti mengungkapkan pembawa mutasi genetik PiZ dan PiS dari virus corona berisiko tinggi mengalami Covid-19 yang parah, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Mutasi ini, seperti dilansir dari Science Daily, Minggu (27/9/2020), dapat menyebabkan kekurangan protein alfa 1-antitripsin.

Yakni, protein yang melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan jika terjadi infeksi yang parah pada organ tersebut.

Studi ini dilakukan para peneliti di Tel Aviv University dan penelitian lain telah mengaitkan juga bahwa kekurangan protein tersebut dapat menyebabkan kerusakan inflamasi pada fungsi paru-paru pada penyakit lain.

Baca juga: Alasan Mutasi Virus D614G Tak Memengaruhi Pengembangan Vaksin Covid-19

 

Dalam studi yang diterbitkan dalam The FASEB Journal pada 22 September 2020, kedua peneliti, Prof. David Gurwitz dan Prof. Noam Shomron dari TAU's Sackler Faculty of Medicine, menganalisis data dari 67 negara dan membandingkannya.

Mereka menemukan korelasi yang signifikan antara prevalensi kedua mutasi pada populasi dan angka kematian Covid-19 yang disesuaikan dengan ukuran populasi di banyak negara.

Di antaranya seperti Amerika Serikat, Inggris, Belgia, Spanyol, Italia dan negara lainnya.

"Kami meminta komunitas riset untuk menguji hipotesis kami terhadap data klinis, dan juga menyerukan kepada pengambil keputusan di setiap negara untuk melakukan skrinng seluruh populasi," ungkap peneliti.

Baca juga: Mutasi Virus Corona Lebih Menular juga Dilaporkan di Negara Ini

 

Tujuannya, untuk mengidentifikasi pembawa mutasi dan memprioritaskan vaksinasi pada mereka segera setelah vaksin corona yang disetujui.

Oleh sebab itu, peneliti menyarankan bahwa mutasi ini mungkin menjadi faktor risiko keparahan Covid-19 yang banyak diderita pasien virus corona.

Saat ini, para peneliti mengusulkan bahwa temuan tersebut harus diperkuat dengan uji klinis.

Jika divalidasi, maka harus diarahkan pada upaya skrining seluruh populasi untuk mengidentifikasi pembawa mutasi genetik, baik PiS maupun PiZ.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com