Ahli AS: Vaksin Covid-19 Corona Mungkin Disetujui Akhir Tahun 2020

Kompas.com - 27/10/2020, 17:32 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Harapan meningkat. Kemungkinan besar vaksin virus corona penyebab Covid-19 akan disetujui akhir tahun 2020 dan petugas kesehatan di AS bakal menerima dosis pertama pada awal 2021.

"Pada akhir November atau awal Desember, hasil uji apakah vaksin (Covid-19) aman dan efektif harus sudah keluar," tutur Dr Anthony Fauci, seorang ahli penyakit menular terkemuka AS, pada Minggu (25/10/2020).

Dilansir dari The Guardian, (26/10/2020), pemerintah Irlandia menambah optimisme dan menyatakan bahwa vaksin Covid-19 akan segera tersedia.

Hal ini dikatakan Leo Varadkar, wakil perdana menteri Irlandia yang juga seorang dokter, kepada radio RTE pada hari Minggu.

Baca juga: [Hoaks] Klaim Aliansi Dokter Dunia soal Covid-19, Begini Faktanya

"Saya semakin optimis, seperti halnya pemerintah, bahwa kita akan melihat vaksin disetujui dalam beberapa bulan ke depan. Dan pada paruh pertama atau kuartal pertama tahun depan, kita sudah mulai memvaksinasi kelompok rentan."

Pernyataan Fauci muncul setelah munculnya laporan bahwa NHS di Inggris sedang bersiap untuk mulai mengimunisasi staf medis garis depan dengan dalam beberapa minggu ke depan.

Kabar itu muncul setelah The Mail on Sunday menerbitkan pesan Glen Burley, kepala eksekutif dari sekelompok rumah sakit di Midlands. Dia mengatakan, penyedia layanan NHS telah diberitahu untuk bersiap memulai program vaksin staf Covid-19 pada awal Desember.

"Badan Intelijen menyatakan vaksin virus corona harus tersedia tahun ini dan staf NHS diprioritaskan mendapat vaksin sebelum Natal,” menurut pesan Burley, yang dikirim awal bulan ini.

Skala waktu yang ditetapkan Burley disebut terlalu dini dan ambisius. Mengingat, rumah sakit di Inggris saat ini sedang mempersiapkan vaksin apa yang disetujui.

Seorang pejabat senior di salah satu trust NHS yang bertanggungjawab mendistribusikan vaksin mengatakan bahwa belum ada tanggal pasti kapan vaksin tersedia.

Halaman:


Sumber Guardian
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X