Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli AS: Vaksin Covid-19 Corona Mungkin Disetujui Akhir Tahun 2020

Kompas.com - 27/10/2020, 17:32 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Harapan meningkat. Kemungkinan besar vaksin virus corona penyebab Covid-19 akan disetujui akhir tahun 2020 dan petugas kesehatan di AS bakal menerima dosis pertama pada awal 2021.

"Pada akhir November atau awal Desember, hasil uji apakah vaksin (Covid-19) aman dan efektif harus sudah keluar," tutur Dr Anthony Fauci, seorang ahli penyakit menular terkemuka AS, pada Minggu (25/10/2020).

Dilansir dari The Guardian, (26/10/2020), pemerintah Irlandia menambah optimisme dan menyatakan bahwa vaksin Covid-19 akan segera tersedia.

Hal ini dikatakan Leo Varadkar, wakil perdana menteri Irlandia yang juga seorang dokter, kepada radio RTE pada hari Minggu.

Baca juga: [Hoaks] Klaim Aliansi Dokter Dunia soal Covid-19, Begini Faktanya

"Saya semakin optimis, seperti halnya pemerintah, bahwa kita akan melihat vaksin disetujui dalam beberapa bulan ke depan. Dan pada paruh pertama atau kuartal pertama tahun depan, kita sudah mulai memvaksinasi kelompok rentan."

Pernyataan Fauci muncul setelah munculnya laporan bahwa NHS di Inggris sedang bersiap untuk mulai mengimunisasi staf medis garis depan dengan dalam beberapa minggu ke depan.

Kabar itu muncul setelah The Mail on Sunday menerbitkan pesan Glen Burley, kepala eksekutif dari sekelompok rumah sakit di Midlands. Dia mengatakan, penyedia layanan NHS telah diberitahu untuk bersiap memulai program vaksin staf Covid-19 pada awal Desember.

"Badan Intelijen menyatakan vaksin virus corona harus tersedia tahun ini dan staf NHS diprioritaskan mendapat vaksin sebelum Natal,” menurut pesan Burley, yang dikirim awal bulan ini.

Skala waktu yang ditetapkan Burley disebut terlalu dini dan ambisius. Mengingat, rumah sakit di Inggris saat ini sedang mempersiapkan vaksin apa yang disetujui.

Seorang pejabat senior di salah satu trust NHS yang bertanggungjawab mendistribusikan vaksin mengatakan bahwa belum ada tanggal pasti kapan vaksin tersedia.

Sir Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah, mengatakan kepada anggota parlemen dan rekan-rekannya bahwa vaksin tidak akan tersedia di Inggris sampai musim semi.

Sementara itu, dalam wawancara dengan BBC, dr Fauci memperkirakan kita dapat mengetahui hasil uji vaksin aman dan efektif atau tidak pada akhir November, paling lambat awal Desember.

Ilustrasi vaksinasi pada lansiaSHUTTERSTOCK/BaLL LunLa Ilustrasi vaksinasi pada lansia

"Pertanyaannya adalah, setelah kita memiliki satu atau lebih vaksin yang aman dan efektif, bagaimana kita memberikannya kepada semua orang secepat mungkin?" ucap Fauci dalam wawancara dengan BBC.

"Jumlah dosis yang akan tersedia pada bulan Desember pasti tidak akan cukup untuk memvaksinasi semua orang. Anda harus menunggu hingga 2021."

Kebijakan semua negara telah memprioritaskan petugas medis dan kelompok yang rentan terinfeksi sebagai yang pertama mendapat akses vaksinasi.

Baca juga: Harapan Baru, Vaksin Covid-19 Oxford Picu Respons Imun pada Lansia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com