Ketahui 5 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Penderita Tipes

Kompas.com - 14/10/2020, 18:02 WIB
ilustrasi makanan sehat Shutterstockilustrasi makanan sehat


KOMPAS.com- Ketika kita menderita suatu penyakit, hal yang paling ingin diketahui adalah adakah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh kita.

Termasuk dalam menghadapi penyakit tipes atau demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii.

Menyangkut persoalan ini, Dokter Umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, dr Lovira Ladieska menyampaikan penanganan utama bagi penderita tipes adalah obat antibiotik, obat-obatan simptomatik yang diresepkan oleh dokter, dan mencukupi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh.

Sama halnya seperti penyakit lainnya, penderita tipes memang punya beberapa kategori makanan yang tidak seharusnya dikonsumsi selama masih belum sembuh total dari infeksi bakteri Salmonella typhii tersebut.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Kapsul Cacing Bisa Sembuhkan Penyakit Tipes

 

Berikut 5 jenis makanan yang dilarang konsumsi saat Anda menderita tipes atau demam tifoid.

1. Makanan tinggi kalori

Dalam mekanismenya, bakteri Salmonella typhii akan menyerang sistem pertahanan ketika berhasil masuk ke dalam tubuh manusia.

"Target utama bakteri ini adalah saluran pencernaan," kata Lovira kepada Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Pada saat infeksi bakteri tersebut masih terjadi, makanan tinggi kalori akan memaksa saluran cerna untuk bekerja lebih keras lagi.

Sehingga, ini akan meningkatkan kerja saluran cerna yang berisiko perdarahan saluran cerna pun meningkat.

Baca juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sembelit, dari Daging hingga Kesemek

 

Beberapa jenis makanan tinggi kalori adalah:

  • Kacang pistachio
  • Kismis
  • Tepung kelapa
  • Cokelat

Namun, bukan berarti tidak diperbolehkan makan sama sekali makanan yang mengandung kalori karena tubuh juga membutuhkan itu.

Hanya saja tidak boleh diporsir untuk mengonsumsi makanan berkalori dalam jumlah yang banyak dalam sehari selama sedang menderita tipes.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X