Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2020, 19:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa zona musim di Indonesia diperkirakan akan memasuki musim hujan pada bulan ini. Alhasil, terjadi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia, dimulai dari tiga hari ke depan.

Pada hari ini (12/10/2020); Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah pada 12-14 Oktober 2020.

Peringatan itu dikeluarkan setelah BMKG memantau adanya daerah sirkulasi siklonik pada lapisan 925/700 hPa yang terjadi akibat adanya pusat tekanan rendah (1005 hPa) di sekitar wilayah pusat tekanan rendah tersebut, di Perairan utara Papua Barat hingga utara Papua, serta di Kalimantan bagian utara hingga Perairan timur Kalimantan Utara.

Baca juga: Sebagian Wilayah Akan Alami Musim Hujan Lebih Basah, Ini Saran BMKG

Selain itu, terpantau juga sirkulasi siklonik pada lapisan 925/700 hPa di Samudra Hindia barat Sumatera Barat, yang membentuk daerah Low Level Jet memanjang dari Samudra Hindia barat daya Lampung-barat Lampung.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik, di sepanjang daerah konvergensi dan di sepanjang daerah Low Level Jet tersebut.

BMKG juga menjelaskan bahwa daerah konvergensi terpantau memanjang di Papua Nugini bagian tengah hingga Papua bagian tengah. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: 3 Faktor Pemicu Awal Musim Hujan Terjadi Akhir Oktober, Menurut BMKG

Berikut adalah wilayah yang berpotensi mengalami hujan disertai petir dan angin kencang pada hari ini (12/10/2020):

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com