Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2020, 18:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Video viral di media sosial Instagram terkait lumba-lumba yang terekam di perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Video lumba-lumba tersebut direkam dari atas perahu dan diunggah oleh akun sosial media Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu.

"Kapal catamaran #sudinlhp1000 yang sedang bertugas dikawal segerombolan lumba lumba di sekitar Pulau Pramuka," tulis akun Instagram Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi mengatakan, video tersebut diambil pada Minggu (11/10/2020), sekitar pukul 09.30 WIB.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Lumba-lumba Berenang Bebas di Selat Bosphorus Turki

 

"(Video) tadi pagi diambil oleh PJLP di pesisir Pulau Pramuka pakai kapal sampah catamaran 3 di daerah sekitar Nusa Karamba kira-kira jam 09.30 WIB," ujar Djoko saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/10/2020) siang.

Lantas, apakah fenomena munculnya lumba-lumba di sekitar perairan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu tersebut merupakan kejadian langka?

Menanggapi video lumba-lumba di perairan Pulau Pramuka yang viral tersebut, Dosen Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Adriani Sunuddin mengatakan bahwa keberadaan lumba-lumba di perairan Kepulauan Seribu bukanlah suatu hal yang aneh seharusnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com