Jangan Salah Lagi, Tipes atau Demam Tifoid Bukanlah Penyakit Tifus

Kompas.com - 07/10/2020, 07:04 WIB
Ilustrasi demam tifoid ShutterstockIlustrasi demam tifoid


KOMPAS.com- Mungkin penyakit tipes menjadi salah satu penyakit yang sudah biasa didengar oleh kita atau bahkan ada yang pernah mengalaminya.

Namun, tidak jarang juga di antara kita bingung untuk membedakan antara tipes, tifus (typhus) maupun tifoid.

Lantas, apakah tipes, tifus atau tifoid adalah satu penyakit yang sama atau sebenarnya suatu hal yang berbeda?

Saat dihubungi oleh Kompas.com, Dokter Umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, dr Lovira Ladieska mengatakan sebenarnya ada perbedaan di antara tiga yang disebutkan tersebut.

Baca juga: Gejala Tifus Bukan Penyakit

 

Lovira menjelaskan bahwa kata tipes yang biasa kita dengar merupakan istilah yang dikenal masyarakat Indonesia dan merujuk kepada penyakit Demam Tifoid (Typhoid fever/Enteric fever).

Sedangkan, untuk tifus adalah terminologi yang merujuk kepada penyakit berbeda.

"Karena secara penamaan mirip, seringkali tifus dan tipes dianggap penyakit yang sama padahal berbeda," kata Lovira kepada Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Tifoid (tipes)

Tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Bakteri ini bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan melalui feses dari orang yang terinfeksi.

Baca juga: Sering Dikira Tifus, Apa Saja Gejala Spesifik Corona?

 

Seringkali terjadi, bakteri ini ada di air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempal pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi, dan umumnya menyerang usus.

Maka daripada itu, Lovira menyampaikan sanitasi yang baik dan bersih menjadi kunci dari mencegah infeksi bakteri Salmonella typhii penyebab tipes ini.

Tifus (typhus)

Berbeda dengan tifoid, tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri genus Rickettsia seperti Rickettsia typhii atau Rickettsia prowazekii yang dibawa oleh ektoparasit.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X