Unik, 'Ikan Berjalan' Langka Ini Menampakkan Diri di Perairan Australia

Kompas.com - 21/09/2020, 20:01 WIB
Spesies ikan berjalan ditemukan di perairan Great Barrier Reef, Australia. ROV SUBASTIAN/SCHMIDT OCEAN INSTITUTESpesies ikan berjalan ditemukan di perairan Great Barrier Reef, Australia.


KOMPAS.com - Para peneliti tidak sengaja menemukan ' ikan berjalan' di Australia, padahal spesies unik ini tidak pernah tercatat ada di perairan negara ini.

Ikan ini menampakkan diri saat peneliti mengeksploitasi laut di bagian utara Great Barrier Reef.

Great Barrier Reef adalah kawasan terumbu karang terbesar di dunia yang terdiri dari kurang lebih 2.900 karang dan 900 pulau, yang membentang di sepanjang 2.600 km di Laut Coral, lepas pantai Queensland.

Melansir BBC, Senin (21/9/2020), spesies langka ' ikan berjalan' ini adalah jenis ikan kalajengking yang dikenal dengan nama Rhinopias agriloba.

Baca juga: Peneliti Identifikasi 11 Spesies Ikan Bisa Berjalan di Darat

 

Ikan jenis ini biasanya ditemukan di sekitar perairan Hawaii, di Pasifik tengah, dan saat terlihat di perairan Australia, peneliti menganggap ini sebagai pemandangan yang aneh dan unik.

Sebab, ini kali pertama spesies ikan pergi jauh dari habitatnya.

Spesies ini ditemukan para peneliti dari atas kapal tanpa awal, RV Falkor, yang dioperasikan Schmidt Ocean Institute.

Tim peneliti yang terdiri dari Geoscience Australia, James Cook University, University of Sydney, Japan Agency for MArine-Earth Science dan Technology (JAMSTEC), Queensland Museum Network, serta Queensland University of Technology.

"Ikan yang sangat aneh. Memiliki warna merah yang indah, dan berjalan di atas sirip dada, seperti sepasang tangan," kata Robin Beaman, peneliti dari James Cook University di Australia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X