Dari Manakah Asal Angin?

Kompas.com - 18/09/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi angin berhembus SHUTTERSTOCK/TuzemkaIlustrasi angin berhembus


KOMPAS.com - Ada dua konsep penting untuk memahami apa yang menyebabkan angin yaitu udara dan tekanan udara. Makna sederhananya angin adalah molekul udara yang bergerak.

Chris Weiss, asisten profesor ilmu atmosfer di Texas Tech University menjelaskan udara terdiri atas 78 persen molekul nitrogen, 21 persen oksigen, uap air antara 1 dan 4 persen volume di dekat permukaan bumi, serta elemen jejak lainnya.

Lantas, dari mana asal angin?

Dikutip dari Scientific American, Jumat (18/9/2020), setiap kali kita bernapas, udara yang kita hirup terdiri dari rasio relatif yang sama dari molekul tersebut, dan satu inci kubik udara di permukaan tanah mengandung sekitar 1.020 molekul.

Baca juga: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang 3 Hari ke Depan di Wilayah Ini

 

Semua molekul udara ini bergerak sangat cepat dan saling bertabrakan dengan benda apapun di permukaan tanah.

Tekanan udara didefinisikan sebagai jumlah gaya yang diberikan molekul-molekul ini pada area tertentu. Secara umum, semakin banyak molekul udara, maka semakin besar tekanan udara.

Perubahan tekanan udara pada jarak horizontal tertentu akan menyebabkan molekul udara dari wilayah bertekanan udara relatif tinggi menuju area bertekanan rendah. Perbedaan tekanan horizontal seperti itu akan menghasilkan angin yang kita rasakan selama ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X