Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Fisik, Menerapkan Protokol Kesehatan Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 18/09/2020, 17:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu studi longitudinal pertama tentang dampak mental Covid-19 menemukan, bahwa memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan dikaitkan dengan kesehatan mental positif yang lebih besar.

Menurut para peneliti, menerapkan protokol kesehatan dengan ketat bukan hanya menjaga kita aman dari pandemi secara fisik, tetapi juga dapat membuat kita kuat secara mental.

"Terkadang kita perlu istirahat dari memikirkan tentang apa yang kita rasakan," jelas Jessica Myrick, yang mempelajari emosi dan media di Pennsylvania State University.

"Pesan terkait Covid-19 yang menekankan bahwa tindakan kecil pun bermanfaat untuk pencegahan, kemungkinan memiliki efek positif ganda untuk membuat orang melakukan tindakan kecil, seperti mencuci tangan lebih sering, tetapi juga mengurangi ketegangan mental."

Baca juga: Risiko Fisik dan Mental Ancam Pasien Covid-19 dengan Kondisi Parah

Ide tersebut didukung oleh penelitian pandemi awal dari China, yang juga menemukan individu yang mengadopsi tindakan pencegahan seperti mencuci tangan mengalami lebih sedikit stres, kecemasan, dan depresi secara keseluruhan.

Mengutip Sciencealert, Jumat(18/9/2020), pada bulan Maret, Amerika Serikat mengumumkan keadaan darurat nasional untuk menghentikan penyebaran Covid-19, dan berbagai langkah jarak sosial, persyaratan karantina, dan kebijakan penutup wajah diterapkan di seluruh negeri.

Pada saat yang sama, orang-orang mulai menderita kehilangan pekerjaan, kelangkaan makanan, sekolah dan tempat penitipan anak yang tutup, serta perpisahan fisik dari teman dan keluarga, sementara jumlah korban jiwa terus meningkat.

Beberapa psikolog berpikir ini mungkin memicu 'gelombang pasang duka'.

"Saya menghabiskan sebagian besar karier saya mempelajari dukungan sosial, yang merupakan salah satu faktor penting dalam cara orang menanggapi peristiwa traumatis," kata ilmuwan sosial Erina MacGeorge dari PSU.

"Hidup melalui minggu-minggu awal pandemi, mengobrol dengan teman, dan membaca berita tentang tantangan yang harus kita semua hadapi, membuat saya ingin mempelajari hubungan, komunikasi yang mendukung, dan kesehatan selama pandemi."

Baca juga: Persiapan Mental untuk Hadapi New Normal, Ini yang Harus Dilakukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com