Studi: Makan di Luar Lebih Berisiko Covid-19 Ketimbang Naik Bus

Kompas.com - 18/09/2020, 12:07 WIB
ilustrasi makan Shutterstock/simona pilolla 2ilustrasi makan

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang membanding risiko terinfeksi Covid-19 dari beberapa aktivitas menemukan bahwa makan di luar rumah lebih berisiko ketimbang naik kendaraan umum atau ke salon.

Studi yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS ini melibatkan 314 orang dewasa yang menunjukkan gejala Covid-19 di 10 negara bagian pada bulan Juli 2020.

154 orang di antaranya ditemukan positif Covid-19, sementara 160 negatif Covid-19.

Para partisipan diwawancara mengenai aktivitas mereka selama dua minggu sebelum bergejala, dan apakah mereka menggunakan masker saat melakukannya.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Tetap Memakai Masker di Dalam Mobil? Ini Penjelasannya

Hasilnya mengungkapkan bahwa sebanyak 71 persen orang yang ditemukan positif Covid-19 selalu menggunakan masker di ruang publik, sementara 74 persen orang yang negatif Covid-19 menjawab serupa.

Kedua kelompok juga sama seringnya menggunakan transportasi umum, ke kantor, pergi ke gym, salon, belanja dan berkunjung ke rumah orang lain.

Namun, ketika ditanya mengenai kebiasaan makan di luar, hasilnya berbeda jauh.

Kelompok yang positif Covid-19 dua kali lipat lebih mungkin makan di restoran dalam 14 hari sebelum bergejala, dibanding kelompok yang negatif.

Baca juga: PT KCI Nilai Masker Scuba Tak Efektif, Ini Penjelasan Pakar

Namun, kelompok yang positif virus corona juga lebih mungkin melaporkan telah berkontak dekat dengan dengan seseorang yang juga positif, yakni sebanyak 42 persen dibanding 14 persen pada kelompok negatif Covid-19.

Oleh karena itu hasilnya berubah drastis ketika para peneliti mengecualikan orang-orang yang berkontak langsung dengan pasien positif Covid-19 di kedua kelompok.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X