Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Bengkulu, Sudah 24 Kali Susulan

Kompas.com - 24/08/2020, 20:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa tektonik kembali mengguncang Bengkulu.

Kali ini gempa bumi terjadi pada pukul 17.24 WIB, Senin (24/8/2020) dengan kekuatan magnitudo M 5,2 di wilayah Barat Kota Bengkulu Sumatera.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 4,03 LS dan 100,97 BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc menyebutkan, lokasi tepatnya berada di laut pada jarak kilometer arah Barat Kota Bengkulu, Bengkulu pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,7 Guncang Samudera Hindia Barat Sumatera Terasa di Bengkulu

Rahmat berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas zona subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," ujarnya.

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, dampak guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bengkulu dengan intensitas skala I-II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Untuk diketahui, fenomena ini masih merupakan rangkaian gempa susulan dari gempa kembar yang terjadi pada tanggal 19 Agustus 2020 dengan kekuatan M 6,6 dan M 6,7.

Berdasarkan hasil monitoring hingga pukul 18.00 WIB, Senin (24/8/2020) telah tercatat 24 kali gempa susulan.

Baca juga: BMKG Ungkap 2 Kemungkinan Penyebab Gempa Kembar di Bengkulu

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Serta, upayakan untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com