Fosil Daun Ungkap Situasi Atmosfer Bumi 23 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 23/08/2020, 11:00 WIB
Fosil daun berusia 23 juta tahun mengungkap bagaimana tumbuhan hidup di lingkungan dengan tingkat karbon dioksida yang tinggi. Jennifer Bannister/University of Otago via IFL ScienceFosil daun berusia 23 juta tahun mengungkap bagaimana tumbuhan hidup di lingkungan dengan tingkat karbon dioksida yang tinggi.

KOMPAS.com - Fosil daun berusia 23 juta tahun mengungkap bagaimana spesies tumbuhan di Bumi bertahan dengan kadar karbon dioksida (CO2) yang tinggi dan mungkin akan kita alami beberapa tahun lagi.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Climate of the Past, peneliti mengamati fosil daun yang hidup di periode Miosen awal.

Periode Miosen adalah suatu kala pada skala waktu geologi yang berlangsung antara 23,03 hingga 5,332 juta tahun yang lalu. Ini saat kadar CO2 diyakini sangat tinggi tapi beberapa spesies tumbuhan tetap bertahan hidup bahkan berkembang pesat.

Studi ini adalah yang pertama mengaitkan karbon atmosfer tingkat tinggi dengan perkembangbiakan tanaman.

Menurut para ahli, tanaman yang hidup di lingkungan dengan kadar karbondioksida mengembangkan cara beradaptasi agar dapat membantunya tetap berkembang biak.