Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebocoran di Stasiun Luar Angkasa Internasional, NASA Lakukan Penyelidikan

Kompas.com - 22/08/2020, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bukan berarti tanpa resiko. Buktinya, baru-baru ini NASA mengumumkan jika ISS ternyata mengalami kebocoran.

Stasiun luar angkasa ini tidak sepenuhnya kedap udara. Setiap hari kabin kehilangan sedikit udara dan harus dipantau dengan hati-hati supaya tekanan udara dapat dipertahankan sekaligus mengidentifikasi kebocoran.

Seperti dikutip dari Science Alert, Sabtu (22/8/2020), NASA sebenarnya pertama kali melihat indikasi kebocoran tersebut pada September 2019, tapi peningkatan kebocoran udara tak terlalu menimbulkan kekhawatiran serius.

Baca juga: Mungkinkah Stasiun Luar Angkasa jadi Tempat Teraman dari Virus Corona?

Namun sekarang tingkat kebocoran tersebut rupanya telah meningkat dan menyebabkan udara di ISS menjadi berkurang. NASA pun bekerja keras mencari tahu dari mana kebocoran itu berasal.

Sementara itu, kru ISS tidak berada dalam bahaya. Tetapi astronot NASA Komandan Chris Cassidy, kosmonot Roscosmoes Ivan Vagner dan Anatoly Ivanishin terpaksa harus berpindah ke Modul Layanan Zvezda sembari menunggu misi kontrol mencari sumber kebocoran.

Setelah kebocoran dapat terlacak, maka kru dapat melakukan pencarian yang lebih terperinci untuk menemukan sumber kebocoran.

Di antara banyak tugas lainnya, para astronot bisa bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) NASA.Supplied: NASA Di antara banyak tugas lainnya, para astronot bisa bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) NASA.

Baca juga: Astronot Panen Selada di Stasiun Luar Angkasa, Amankah Dikonsumsi?

"Semua palka stasiun luar angkasa akan ditutup akhir pekan ini sehingga misi pengontrol dapat berhati-hati memantau tekanan udara di setiap modul," ungkap Mark Garcia, perwakilan dari NASA.

Kebocoran terakhir di stasiun ini terjadi dua tahun lalu dan teridentifikasi pada 29 Agustus 2018. Tindakan serupa juga dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Hasil penyelidikan menyebut jika ada lubang kecil sebesar 2 mm yang kemungkinan disebabkan oleh kesalahan manufaktur.

Melacak kebocoran semacam itu memang menjadi sebuah tantangan karena fluktuasi tekanan udara normal di dalam ISS. Tekanan juga berubah karena fluktuasi suhu, serta pengoperasian stasiun luar angkasa yang rutin dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com