Kebocoran di Stasiun Luar Angkasa Internasional, NASA Lakukan Penyelidikan

Kompas.com - 22/08/2020, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bukan berarti tanpa resiko. Buktinya, baru-baru ini NASA mengumumkan jika ISS ternyata mengalami kebocoran.

Stasiun luar angkasa ini tidak sepenuhnya kedap udara. Setiap hari kabin kehilangan sedikit udara dan harus dipantau dengan hati-hati supaya tekanan udara dapat dipertahankan sekaligus mengidentifikasi kebocoran.

Seperti dikutip dari Science Alert, Sabtu (22/8/2020), NASA sebenarnya pertama kali melihat indikasi kebocoran tersebut pada September 2019, tapi peningkatan kebocoran udara tak terlalu menimbulkan kekhawatiran serius.

Baca juga: Mungkinkah Stasiun Luar Angkasa jadi Tempat Teraman dari Virus Corona?

Namun sekarang tingkat kebocoran tersebut rupanya telah meningkat dan menyebabkan udara di ISS menjadi berkurang. NASA pun bekerja keras mencari tahu dari mana kebocoran itu berasal.

Sementara itu, kru ISS tidak berada dalam bahaya. Tetapi astronot NASA Komandan Chris Cassidy, kosmonot Roscosmoes Ivan Vagner dan Anatoly Ivanishin terpaksa harus berpindah ke Modul Layanan Zvezda sembari menunggu misi kontrol mencari sumber kebocoran.

Setelah kebocoran dapat terlacak, maka kru dapat melakukan pencarian yang lebih terperinci untuk menemukan sumber kebocoran.

Di antara banyak tugas lainnya, para astronot bisa bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) NASA.Supplied: NASA Di antara banyak tugas lainnya, para astronot bisa bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) NASA.