Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kekurangan Jarum Suntik, Imunisasi Vaksin Corona Bisa Terganggu

Kompas.com - 22/08/2020, 16:55 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Dalam setahun, perusahaan pengembang alat kesehatan di Amerika Serikat (AS) memproduksi sekitar 663 juta jarum suntik.

Akan tetapi, pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengklaim untuk menghadapi pandemi virus corona ini, terhitung kebutuhan jarum suntik kemungkinan perlu ditambah sebanyak 850 juta jarum suntik.

Di tengah perlombangan pengembangan vaksin corona sebagai upaya mengendalikan pandemi Covid-19 ini, Amerika Serikat dihadapkan dengan krisis lain, yakni kekurangan jarum suntik saat imunisasi Covid-19 dilakukan kepada seluruh warga AS.

Sedikitnya, ratusan juta dolar telah dikeluarkan pemerintah federal untuk mengantisipasi kekurangan jarum suntik, jika vaksin corona disetujui.

Baca juga: Vaksin Corona dari Raksasa Farmasi China Ini Tetapkan Harga Termahal di Dunia

Melansir The Guardian, Sabtu (22/8/2020), vaksin paling tidak, akan menerima persetujuan darurat paling cepat pada musim dingin 2020, atau jelang akhir tahun ini.

Akan tetapi, para ahli telah memperingatkan Amerika Serikat, bahwa perlu waktu singkat untuk segera menangani kekurangan jarum suntik yang nantinya dibutuhkan saat vaksin virus corona mulai diberikan kepada orang-orang.

Bahaya kekurangan jarum suntik akan memberi dampak besar pada kemungkinkan potensi gelombang kedua dan ketiga dalam program vaksinasi Covid-19 pada 2021 mendatang.

Ilustrasi pemberian vaksin corona, vaksinasi Covid-19 melawan pandemi virus corona.SHUTTERSTOCK/Africa Studio Ilustrasi pemberian vaksin corona, vaksinasi Covid-19 melawan pandemi virus corona.

Baca juga: 7 Miliar Orang di Dunia Harus Terima Vaksin Corona, Begaimana Caranya?

Apabila vaksin corona datang lebih awal, maka dengan situasi tersebut akan semakin berpotensi mengganggu rantai pasokan jarum suntik.

"Apa yang telah kami sampaikan kepada pemerintah di seluruh dunia adalah, jika Anda berencana melakukan program vaksinasi Covid-19, Anda perlu memesannya sekarang dan tidak menunggu sampai vaksinnya siap,” kata Troy Kirkpatrick, juru bicara Becton Dickinson & Co (BD).

Salah satu perusahaan produsen jarum suntik terbesar di dunia ini, lebih dari setengah produknya digunakan di seluruh Amerika Serikat.

Setidaknya, perusahaan ini berkomitmen untuk memproduksi 470 miliar jarum suntik untuk AS, Inggris dan Kanada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com