Kompas.com - 21/07/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi anjing dan pemiliknya Ilustrasi anjing dan pemiliknya


KOMPAS.com- Anjing tak hanya punya kemampuan super pada hidungnya. Penelitian terkini menyebut kalau anjing masih punya kemampuan lain yang dapat membantunya terhindar dari tersesat.

Seperti dikutip dari Phys, Selasa (21/7/2020) tim peneliti menemukan bukti bahwa anjing dapat merasakan medan magnet Bumi yang berfungsi sebagai bantuan navigasi.

Tim peneliti dari Life Sciences di Czech University, Virginia Tech dan Barry University menemukan bukti yang menunjukkan kemampuan anjing menggunakan medan magnet sebagai navigasi.

 

Makalah penelitian ini telah dipublikasikan di eLife Science, dan dalam studi ini kelompok tersebut menjelaskan tentang navigasi anjing dan apa yang telah dipelajari dari hewan ini.

Baca juga: Sejak Ribuan Tahun, Nenek Moyang Anjing Ras Ini Bantu Manusia Menarik Beban

Dalam studi ini, tim peneliti melakukan dua eksperiman untuk mempelajari lebih lanjut penginderaan medan magnet pada anjing dan apakah mereka mengunakannya untuk navigasi.

Pada kedua percobaan tersebut, peneliti memasang sensor GPS pada 31 anjing dan membawanya keluar serta melepaskannya.

Anjing-anjing itu ternyata segera kembali pada orang yang melepaskannya.

Peneliti pun mempelajari rute yang diambil anjing-anjing tersebut, baik saat pertama kali dilepaskan dan sewaktu mereka kembali.

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X