Kasus Pneumonia Misterius di Kazakhstan, Begini Tanggapan WHO

Kompas.com - 11/07/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi pneumonia atau radang paru-paru britannica.comIlustrasi pneumonia atau radang paru-paru

KOMPAS.com - Kedutaan besar China di Kazakhstan memperingatkan adanya pneumonia misterius yang lebih mematikan dibanding Covid-19. Hal ini setelah adanya laporan lonjakan kasus pneumonia sejak Juni.

Dilansir CNN, Kamis (9/7/2020), kedutaan besar China di Kazakhstan melaporkan pneumonia misterius ini telah menewaskan lebih dari 1.700 orang, termasuk warga China.

"Tingkat kematian penyakit ini jauh lebih tinggi dibanding virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab Covid-19," kata kedubes China memperingatkan.

Namun, pihak berwenang di Kazakhstan membantah wabah itu. Mereka meyakini bahwa kasus-kasus pneumonia tersebut adalah Covid-19.

Baca juga: Keajaiban Cuci Tangan, Bisa Cegah Penyakit Termasuk Covid-19

"Informasi ini tidak sesuai dengan kenyataan," sebut pernyataan Kementerian Kesehatan Kazakhstan.

"Ramainya kasus pneumonia yang tidak diketahui di negara ini merujuk pada Covid-19. Ini berdasar gejala yang ditunjukkan, tapi tidak dikonfirmasi dengan tes laboratorium", imbuh Kementerian Kesehatan Kazakhstan.

Dalam konferensi pers pada Jumat (10/7/2020), Dr. Michael Ryan, direktur eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO), mengatakan bahwa kabar kasus pneumonia misterius di Kazakhstan sudah diketahui WHO.

"Kami bekerja sama dengan pihak berwenang di Kazakhstan untuk menyelidikinya," kata Ryan seperti dilansir Live Science, Sabtu (11/7/2020).

Kasus-kasus ini kemungkinan Covid-19, mengingat terjadi lonjakan besar infeksi virus corona SARS-CoV-2 di negara tersebut belum lama ini.

Ryan berkata, ada lebih dari 10.000 kasus seperti itu pada minggu lalu.

Baca juga: Pernyataan Resmi WHO, Virus Corona Menyebar di Udara dan Menular

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X