Kenali Tanda Serangan Jantung, Sakit Dada Kiri hingga Sesak Napas

Kompas.com - 17/06/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi serangan jantung di usia muda Shutterstock.comIlustrasi serangan jantung di usia muda

KOMPAS.com - Penyakit jantung koroner masih menjadi pembunuh terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki kesadaran menjaga kesehatan jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Sari Sri Mumpuni, Sp.Jp (K) menjelaskan, serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah koroner secara tiba-tiba tersumbat oleh bekuan darah.

Alhasil aliran darah dan oksigen ke jantung menjadi berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

"Hal ini yang menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman di dada," ujarnya dalam webinar RSPI: Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung di Masa New Normal, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Ahli: Kelamaan WFH Bisa Picu Serangan Jantung, Kok Bisa?

Menurutnya, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan seseorang ketika menderita serangan jantung koroner. Seperti merasakan denyut jantung yang tidak teratur.

Kemudian merasakan sakit dada sebelah kiri disertai sesak napas atau payah jantung yaitu napas yang tersengal-sengal.

"Ada juga yang tidak bergejala, tahu-tahu langsung meninggal mendadak," katanya.

Apa yang harus dilakukan?

Sari menjelaskan, jika ditemukan seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak, hal utama yang perlu dilakukan adalah memberi pertolongan pertama dengan pijatan jantung luar, yakni memijat dinding dada dengan frekeuensi tertentu.

Ini merupakan prosedur bantuan hidup dasar (BHD) yang bertujuan untuk memberikan efek pompa jantung yang dinilai cukup untuk membantu sirkulasi darah, sehingga jantung bisa kembali berdenyut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X