Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Penting Bagi Penderita Jantung di Tengah Masa New Normal Covid-19

Kompas.com - 16/06/2020, 16:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Meski masa kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19 sudah diberlakukan, tapi masyarakat tetap perlu waspada. Terlebih mengingat masih adanya penambahan baru kasus infeksi virus setiap harinya.

Oleh sebab itu, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Sari Sri Mumpuni, Sp.Jp (K), menekankan perlunya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terlebih bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Ia menjelaskan, World Heart Federation telah memastikan bahwa orang dengan penyakit jantung itu berisiko lebih tinggi memiliki gejala yang berat bila terinfeksi Covid-19.

"Risiko angka kematiannya (jika terinfeksi Covid-19) juga lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki penyakit jantung," ujarnya dalam webinar RSPI: Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung di Masa New Normal, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Ahli: Kelamaan WFH Bisa Picu Serangan Jantung, Kok Bisa?

Sari menyatakan, di samping tetap menerapkan protokol kesehatan, pada masa pandemi, orang dengan penyakit jantung harus tetap rutin dan teratur melakukan kontrol serta mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter.

Pola hidup sehat pun harus terus dilakukan untuk mengurangi risiko serangan jantung.

Ilustrasi serangan jantungShutterstock Ilustrasi serangan jantung

Ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak trans dan satured, rendah garam, dan rendah gula atau karbohidrat,

Olahraga rutin perlu dilakukan setidaknya 150 menit dalam satu minggu dengan intensitas sedang. Ini berguna pula untuk menjaga tubuh memiliki berat badan yang ideal.

"Jadi dibagi aja menitnya, kurang-lebih jadi 5 hari dalam seminggu," kata Sari.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pasien Jantung Koroner Masih Boleh Operasi

Selain itu, lakukan kontrol faktor risiko penyakit jantung. Cek gula darah jika memiliki diabetes dan cek tekanan darah jika memiliki hipertensi, angka normalnya dibawah 140/90 mmHg.

Hal penting lainnya adalah berhenti merokok dan hindari situasi yang bisa membuat jadi perokok pasif.

"Mudah-mudahan dengan situasi new normal (pandemi Covid-19) semakin banyak orang yang sadar untuk berhenti merokok," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com