Pandemi Corona, Berikut Tips Ahli Tingkatkan Imunitas Lansia di Rumah

Kompas.com - 31/05/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sejak awal pandemi Covid-19 dilaporkan di Wuhan, China, lansia atau geriatri selalu disebut kelompok paling rentan terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Dalam lima dekade terakhir, populasi lansia Indonesia telah meningkat dua kali lipat menjadi 9,6 persen atau sekitar 26 juta pada 2019.

Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) sekaligus ahli geriatri Profesor Siti Setiati MD PhD mengingatkan pentingnya bagi lansia untuk tetap tinggal di dalam rumah selama pandemi Covid-19.

Ada beberapa alasan yang perlu diketahui, kenapa lansia harus tinggal di rumah dalam masa ini.

Baca juga: Total Terinfeksi Virus Corona di Dunia Melampaui 6 Juta Kasus

Pertama, umumnya lansia memiliki lebih banyak kondisi kesehatan kronis dibandingkan dengan mereka yang lebih muda.

Kedua, sistem imun atau kekebalan tubuh yang menua juga membuat lansia lebih sulit untuk melawan penyakit, infeksi dan virus.

"Orang lansia sering kali memiliki kebutuhan yang lebih tinggi untuk berinteraksi dan bersosialisasi, tetapi dengan kondisi saat ini, lebih baik tetap di rumah saja," kata Siti dalam keterangan tertulis bertajuk Perawatananula: Mempertimbangkan Kebutuhan Khusus Warga Lansia oleh Philips.

Namun, terlalu lama berada di rumah saja memang membuat sebagian besar orang merasa jenuh dan bosan termasuk para lansia.

Menurut Siti, banyak kegiatan yang bisa dilakukan para lansia untuk mengurangi kejenuhan yang dirasakan. Di antaranya adalah membaca, berkebun, bermain teka-teki, dan memasak.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sosial, para lansia masih bisa melakukan komunikasi melalui panggilan video secraa berkala, dengan meminta bantuan anggota keluarga lainnya ataupun perawat.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X