Setelah 150 Tahun, Kupu-kupu Inggris ini Kembali dari Kepunahan

Kompas.com - 30/05/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi kupu-kupu padang rumput besar. Para konservasionis berhasil membangkitkan kembali spesies kupu-kupu langka di Inggris yang dikenal sebagai kupu-kupu Manchester argus. Kupu-kupu ini sempat menghilang selama 150 tahun lalu. SHUTTERSTOCK/Daniele CaneveIlustrasi kupu-kupu padang rumput besar. Para konservasionis berhasil membangkitkan kembali spesies kupu-kupu langka di Inggris yang dikenal sebagai kupu-kupu Manchester argus. Kupu-kupu ini sempat menghilang selama 150 tahun lalu.


KOMPAS.com - Kupu-kupu padang rumput besar diketahui mengalami kepunahan lokal di abad ke-19. 

Melansir The Guardian, Sabtu (30/5/2020), kupu-kupu langka ini kembali muncul di sebuah lahan gambut di Manchester, Inggris.

Rawa gambut dan lumut yang bersifat asam di sekitar Manchester dan Liverpool adalah rumah bagi koloni terbesar kupu-kupu padang rumput besar di negara ini.

Kupu-kupu yang juga dikenal sebagai Manchester argus butterfly ini jumlah populasinya anjlok ketika tanah dikeringkan untuk lahan pertanian dan ekstraksi gambut.

Baca juga: 60 Tahun Disimpan di Laci, Kupu-Kupu Ini Ternyata Jenis Baru

Konservasionis dari Lancashire Wildlife Trust saat ini sedang membalikkan kekayaan kupu-kupu langka ini dengan memulihkan area lahan gambut seluas 37 hektare.

Lokasi lahan tersebut berada di antara Wigan dan Salford, di mana mereka telah menciptakan habitat Sphagnum moss, semak berdaun silang, dan beberapa jenis rumput tempat kupu-kupu ini bergantung.

Ilustrasi koloni kupu-kupuSHUTTERSTOCK/Noradoa Ilustrasi koloni kupu-kupu

Baca juga: Selamatkan Badak Putih dari Kepunahan, Ini yang Dilakukan Ilmuwan

Pada musim panas lalu, tim konservasionis ini mengumpulkan enam kupu-kupu betina dari populasi lumut di Winmarleigh dekat Garstang dan membawanya ke kebun binatang Chester.

Ulat yang menghabiskan musim dingin diberi makan rumput kampas dan 46 kepompong yang dipelihara denan tangan, selanjutnya dilepaskan ke situs rahasia di mana mereka akan disimpan di tenda-tenda perlindungan.

Konservasionis selalu memeriksa tenda-tenda itu untuk melihat apakah sudah ada kupu-kupu yang keluar dari kepompong, dan akan melepaskannya ke lingkungan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X