Kompas.com - 29/05/2020, 13:26 WIB
Sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis (28/5/2020) siang hingga sore ini. Salah satunya terjadi di kawasan Panjang Jiwo Surabaya. (FOTO ANTARA/HO-Samuel)Sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis (28/5/2020) siang hingga sore ini. Salah satunya terjadi di kawasan Panjang Jiwo Surabaya.


KOMPAS.com- Sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim) direndam banjir, akibat hujan sejak siang hingga malam kemarin Kamis (28/5/2020).

Wilayah di Kabupaten Sidoarjo dan Surabaya menjadi daerah yang paling banyak terdampak genangan di sejumlah ruas jalan, dan berdasarkan laporan warga banjir kali ini lebih parah dari banjir-banjir yang pernah terjadi.

Beberapa ruas jalan di Surabaya yang tergenang, di antaranya Rungkut, Gununganyar, Ketintang, Semolowaru, Nginden.

Baca juga: MJO hingga Sirkulasi Eddy, Ini 5 Penyebab Banjir di Jawa Timur

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo Jatim, Teguh Tri Susanto SSi MT menjelaskan curah hujan intens yang menyebabkan banjir tersebut didukung oleh beberapa gangguan atmosfer.

Disebutkan Teguh, gangguan atmosfer yang menjadi pemicu curah hujan intens tersebut diantaranya, Madden Julian Oscillation (MJO), anomali permukaan laut, sirkulasi Eddy, gelombang equatorial Rossby, dan palung tekanan rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini Jatim sebagian besar sudah berada di musim kemarau, tetapi karena ada gangguan cuaca tersebut mengakibatkan masih banyak hujan," kata Teguh kepada Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X