Efek Infeksi Virus Corona ini Bikin Bingung Dokter, Kok Bisa?

Kompas.com - 06/05/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien Covid-19


KOMPAS.com - Para dokter di rumah sakit di Inggris dibuat bingung dengan efek virus corona yang tidak disadari oleh pasien.

Melansir The Guardian, Rabu (6/5/2020), beberapa pasien yang datang dengan positif Covid-19 tampak tidak menunjukkan rasa tertekan atau sakit, saat diketahui kadar oksigen dalam darah mereka sangat rendah.

Biasanya, dengan kadar oksigen yang rendah di bawah normal, dapat membuat seseorang hilang kesadaran atau pingsan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Fenomena ini dikenal beberapa orang sebagai "happy hypoxia" atau banyak yang mengatakan sebagai "silent hypoxia".

Baca juga: Studi Covid-19: Virus Corona Lebih Rentan Infeksi Pria dan Obesitas

Kondisi hipoksia ini menimbulkan pertanyaan di kalangan paramedis, bagaimana virus corona ini menyerang paru-paru dan apakah ada cara yang lebih efektif untuk merawat pasien ini.

Normalnya, orang sehat memiliki saturasi oksigen minimal 95 persen. Akan tetapi, pada kasus ini, dokter melaporkan pasien dengan usia sekitar 70-80 tahunan, datang dengan kadar oksigen yang turun drastis hingga 50 persen.

"Kami melihat saturasi oksigen pada pasien- pasien Covid-19 yang datang sangat rendah, tetapi mereka tidak menyadarinya," kata Dr Jonathan Bannard-Smith, seorang konsultan dalam perawatan kritis dan anestesi di Manchester Royal Infirmary.

Dr Bannard-Smith mengatakan fenomena hipoksia ini biasanya terjadi pada orang yang terkena influenza atau pneumonia.

Baca juga: Selain Demam, Batuk, Sesak Napas, Berikut 6 Gejala Baru Virus Corona

Namun, jauh lebih mendalam dengan yang terjadi pada kasus pasien Covid-19 ini sangat abnormal dan itu terjadi di hadapan para tenaga medis.

Sementara itu, Dr Mike Charlesworth, ahli anestesi di rumah sakit Wythenshawe di Manchester mengatakan kondisi paru-paru lainnya dapat menyebabkan hipoksia parah dan pasien biasanya akan tampak sangat sakit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X