Telah Ditemukan, Planet Seukuran Bumi yang Berpotensi Kehidupan

Kompas.com - 16/04/2020, 19:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber NASA

KOMPAS.com – Badan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administration/ NASA) menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang diklaim berpotensi untuk kehidupan.

Kepler-1649c, begitu nama planet tersebut, ditemukan oleh teleskop NASA yang kini sudah tidak beroperasi yaitu Kepler Space Telescope. Teleskop ini terakhir beroperasi pada 2018.

Planet tersebut ditemukan saat NASA melihat ulang data yang diambil pada saat Kepler Space Telescope mengangkasa.

Baca juga: Exoplanet Raksasa ini Dihujani Logam Besi, Astronom Temukan Buktinya

Mengutip situs resmi NASA, Kamis (16/4/2020), Kepler-1649c berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi dan berada di luar Tata Surya.

“Dunia yang luas ini memberi harapan bagi manusia, bahwa Bumi kedua di luar angkasa sana menunggu untuk ditemukan,” tutur Thomas Zurbuchen, Associate Administrator dari Science Mission Directorate NASA di Washington DC.

Kemiripan dengan Bumi

Exoplanet (planet yang berada di luar Tata Surya) Kepler-1649c memiliki kemiripan ukuran dan perkiraan temperatur dengan Bumi. Planet tersebut hanya berukuran 1,06 kali lebih besar dibanding Bumi.

Banyaknya cahaya yang diterima oleh planet tersebut dari Matahari pada galaksinya adalah sebesar 75 persen. Ini mengindikasikan Kepler-1649c memiliki temperatur yang mirip dengan Bumi.

Namun tidak seperti bumi, Kepler-1649c mengorbit pada red dwarf. Bintang jenis ini dikenal memiliki gejolak yang membuat planet-planet di sekitarnya cukup “menantang” untuk munculnya kehidupan.