Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Ditemukan, Planet Seukuran Bumi yang Berpotensi Kehidupan

Kompas.com - 16/04/2020, 19:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber NASA

KOMPAS.com – Badan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administration/ NASA) menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang diklaim berpotensi untuk kehidupan.

Kepler-1649c, begitu nama planet tersebut, ditemukan oleh teleskop NASA yang kini sudah tidak beroperasi yaitu Kepler Space Telescope. Teleskop ini terakhir beroperasi pada 2018.

Planet tersebut ditemukan saat NASA melihat ulang data yang diambil pada saat Kepler Space Telescope mengangkasa.

Baca juga: Exoplanet Raksasa ini Dihujani Logam Besi, Astronom Temukan Buktinya

Mengutip situs resmi NASA, Kamis (16/4/2020), Kepler-1649c berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi dan berada di luar Tata Surya.

“Dunia yang luas ini memberi harapan bagi manusia, bahwa Bumi kedua di luar angkasa sana menunggu untuk ditemukan,” tutur Thomas Zurbuchen, Associate Administrator dari Science Mission Directorate NASA di Washington DC.

Kemiripan dengan Bumi

Exoplanet (planet yang berada di luar Tata Surya) Kepler-1649c memiliki kemiripan ukuran dan perkiraan temperatur dengan Bumi. Planet tersebut hanya berukuran 1,06 kali lebih besar dibanding Bumi.

Banyaknya cahaya yang diterima oleh planet tersebut dari Matahari pada galaksinya adalah sebesar 75 persen. Ini mengindikasikan Kepler-1649c memiliki temperatur yang mirip dengan Bumi.

Namun tidak seperti bumi, Kepler-1649c mengorbit pada red dwarf. Bintang jenis ini dikenal memiliki gejolak yang membuat planet-planet di sekitarnya cukup “menantang” untuk munculnya kehidupan.

Baca juga: Pertama Kalinya, Astronom Gunakan Gelombang Radio Deteksi Exoplanet

Orbit Kepler-1649c berevolusi mengelilingi red dwarf dengan jarak yang cukup pendek, yaitu 19,5 hari saja.

Meski begitu, masih banyak informasi yang perlu digali mengenai Kepler-1649c. Perhitungan mengenai temperatur dan kondisi permukaan planet bisa saja melenceng akibat kesalahan astronomi. Namun, exoplanet dengan permukaan bebatuan selalu menarik karena berpotensi untuk kehidupan.

Ada beberapa exoplanet yang berukuran mirip dengan Bumi. Antara lain TRAPPIST-1f dan Teegarden c. Beberapa exoplanet yang memiliki temperatur mirip Bumi antara lain TRAPPIST-1d dan TOI 700d.

Baca juga: Exoplanet dengan Lautan Magma Bisa Memakan Langit Sekitarnya

Namun, Kepler-1649c adalah exoplanet yang memiliki kemiripan paling tinggi dengan Bumi.

“Dari semua planet yang kami temukan, planet ini (Kepler-1649c) sangat menarik. Bukan hanya soal temperatur atau ukurannya, tapi juga interaksinya dengan planet lain,” tutur Andrew Vanderburg, peneliti dari University of Texas serta penulis utama di Astrophysical Journal Letters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com