5 Hal Sederhana untuk Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Kompas.com - 27/03/2020, 18:04 WIB
Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan. Paultan.orgIlustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.

KOMPAS.com - Semakin meningkatnya bencana hidrometeorologis dan penyakit merupakan pertanda adanya perubahan iklim.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menjelaskan bahwa bencana hidrometeorologis yang dialami oleh Indonesia antara lain kekeringan dan curah hujan ektrem.

"Bencana hidrometeorologis seperti kekeringan yang kita alami tahun lalu berdampak pada ketersediaan air bersih serta kebakaran hutan dan lahan," kata Dwikorita dalam keterangan tertulisnya terkait "Climate and Water di Hari Meteorologi Dunia ke-70", Senin (23/3/2020).

Baca juga: 6 Fakta Kemarau Panjang dan Kekeringan Parah Tahun 2019

Selain kekeringan, curah hujan ekstrem yang menjadi pemicu banjir di beberapa wilayah Indonesia pada awal tahun ini juga merupakan bencana terkait cuaca dan iklim.

Peristiwa-peristiwa tersebut, kata Dwikorita, berdampak luas dan akan meningkat berdasarkan proyeksi perubahan iklim di masa mendatang.

"BMKG memandang perlunya upaya peningkatan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim tersebut untuk kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Banjir merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem Banjir merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem

Oleh sebab itu, BMKG mengajak masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dan ketahanan air.

Dwikorita menyebutkan beberapa hal sederhana yang sering dianggap sepele, tetapi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca seperti berikut.

1. Membatasi penggunaan kendaraan bermotor

2. Mulai beralih ke sarana trasportasi umum

3. Menghemat penggunaan listrik dan air

4. Mengurangi penggunaan sampah plastik

5. Menanam pohon di lingkungan sekitar

Beberapa hal ini juga dianggap Dwikorita akan membawa dampak besar dalam upaya mencegah dampak buruk dari perubahan iklim.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X