Waspada, Olahraga Berlebih Bisa Picu Kemandulan, Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 27/03/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Rutin berolahraga selalu digaungkan sebagai salah satu gaya hidup sehat untuk menghindari berbagai risiko penyakit.

Namun tahukah Anda, ahli menyebut bahwa melakukan olahraga secara berlebihan justru berisiko pada infetilias atau gangguan kesuburan berupa kemandulan.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Raproduksi RS Pondok Indah, dr Shanty Olivia Jasiwan, SpOG-KFER.

Olahraga dengan teratur memang sangat dianjurkan karena banyak manfaat baiknya untuk kesehatan, termasuk kesuburan tubuh. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga: #DiRumahAja karena Corona? Tetap Olahraga Sesuai Patokan Ini

"Aktivitas fisik (olahraga) terbukti memiliki dampak positif terhadap kesuburan terutama pada mereka yang memiliki berat badan berlebih dalam upaya mengurangi berat badan," kata Shanty dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com.

Namun, olahraga yang dimaksudkan adalah olahraga yang rutin tetapi tidak berlebihan dilakukan.

Sedangkan, jika Anda melakukan olahraga secara berlebihan, hal itu memiliki efek negatif terhadap keseimbangan energi pada tubuh yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi.

Dijelaskan oleh Shanty, jika kebutuhan energi melebihi jumlah asupan makanan, maka keseimbangan negatif akan terjadi dan berefek pada gangguan pusat pengatur hormon di otak atau disfungsi hipotalamus.

"Sehingga terjadilah sirkulasi haid yang tidak teratur (pada perempuan)," ujar dia.

Apa yang dimaksud olahraga berlebihan?

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X