Di Tengah Wabah Corona, Bagaimana Penanganan TBC di Indonesia?

Kompas.com - 24/03/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Di saat merebaknya virus corona (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19, program dan penanganan penyakit menular Tuberkolosis (TB/ TBC) juga harus diperhatikan.

Saat wabah Covid-19 menjadi pandemik dan masuk ke Indonesia, dokter ahli yang biasanya menangani kasus pasien TBC harus beralih dan ikut andil dalam menangani pengobatan pasien Covid-19.

Lantas, bagaimana unsur-unsur pada program TBC dapat diterapkan dalam penanganan Covid-19 saat ini?

Baca juga: Indonesia Disebut Endemis TBC, Jumlah Kasus Tertinggi Ketiga di Dunia

Menjawab hal ini, Direktur P2PML Kementerian Kesehatan RI, dr Wiendra Waworuntu MKes, mengatakan bahwa sistem Investigasi Kontak (IK) dalam program TBC dapat digunakan dalam menangani Covid-19.

"Agar dapat berjalan dengan efektif, IK harus dijalankan sedini dan secepat mungkin, sebelum terjadinya penyebaran yang masif di masyarakat," kata Wiendra dalam forum diskusi online, Selasa (24/3/2020).

Selain itu, baik TBC maupun Covid-19 dianggap memerlukan program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) untuk administrasi, lingkungan, dan petugas baik di fasilitas kesehatan maupun di masyarakat.

Baca juga: TBC Penyakit Mudah Menular, Kenali Faktor Risikonya

Wiendra mengatakan, Covid-19 juga dapat menerapkan program PPI yang telah dijalankan untuk TBC. Program dan mitra pelaksana program TBC merupakan wadah yang ideal untuk memberikan edukasi tentang cara pencegahan Covid-19 serta rekomendasi pencarian layanan kesehatan.

Diingatkan untuk pasien yang memiliki gejala batuk, demam, dan sesak nafas, jejaring diagnosis TBC yang berfungsi dengan baik sangat penting dalam penegakan diagnosa TBC atau Covid-19, sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan pengobatan yang sesuai.

Prioritas dalam program TBC selama periode Covid-19

Disebutkan pula oleh Wiendra, setidaknya ada tiga prioritas utama program TBC selama wabah Covid-19 terjadi di Indonesia.

1. Program TEMPO (Temukan, Pisahkan, Obati)

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X