Hipotesis Evolusi Darwin Terbukti, Spesies dapat Hasilkan Subspesies

Kompas.com - 21/03/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi jerapah, hipotesa evolusi Darwin tentang spesies hewan dapat menghasilkan subspesies. SHUTTERSTOCKIlustrasi jerapah, hipotesa evolusi Darwin tentang spesies hewan dapat menghasilkan subspesies.

KOMPAS.com - Pada tahun 1859, Charles Darwin mengklaim spesies hewan dengan keanekaragaman yang lebih besar pada garisnya akan menghasilkan subspesies yang lebih banyak.

Melansir Science Alert, Jumat (20/3/2020), klaim tersebut dijelaskan Darwin dalam jurnalnya yang berjudul On the Origin of Species.

Awalnya hipotesis Darwin dianggap tidak valid. Namun, setelah 140 tahun sejak kematiannya, akhirnya hipotesis Darwin diakui kebenarannya.

Peneliti dari University of Cambridge di London mengatakan analisis Darwin juga tepat pada mamalia, bahwa peran sub-spesies mamalia mungkin lebih penting daripada yang diperkirakan sebelumnya.