Hipotesis Evolusi Darwin Terbukti, Spesies dapat Hasilkan Subspesies

Kompas.com - 21/03/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi jerapah, hipotesa evolusi Darwin tentang spesies hewan dapat menghasilkan subspesies. SHUTTERSTOCKIlustrasi jerapah, hipotesa evolusi Darwin tentang spesies hewan dapat menghasilkan subspesies.


KOMPAS.com - Pada tahun 1859, Charles Darwin mengklaim spesies hewan dengan keanekaragaman yang lebih besar pada garisnya akan menghasilkan subspesies yang lebih banyak.

Melansir Science Alert, Jumat (20/3/2020), klaim tersebut dijelaskan Darwin dalam jurnalnya yang berjudul On the Origin of Species.

Awalnya hipotesis Darwin dianggap tidak valid. Namun, setelah 140 tahun sejak kematiannya, akhirnya hipotesis Darwin diakui kebenarannya.

Peneliti dari University of Cambridge di London mengatakan analisis Darwin juga tepat pada mamalia, bahwa peran sub-spesies mamalia mungkin lebih penting daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: Menurut Sejarawan, Teori Evolusi Darwin Lahir dari Indonesia

"Penelitian saya menyelidiki hubungan antara spesies dan variasi subspesiesnya. Saya menemukan, subspesies memiliki peran penting dalam dinamika evolusi jangka panjang dan dalam evolusi spesies di masa depan," jelas Laura van Holstein, seorang antropolog biologi.

Berdasarkan penjelasan van Holstein, hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society B ini, dapat membantu para ahli menentukan hewan mana yang harus dilindungi untuk menyelamatkan evolusinya.

Darwin menyebut proses tersebut sebagai varietas, yaitu tentang kelompok dalam suatu spesies dengan sifat mereka sendiri dan perkembangbiakannya.

Contohnya, yaitu jerapah utara memiliki tiga subspesies dan rubah merah memiliki 45 subspesies.

Baca juga: Badan dan Ekor Berbulu Lebat, Ini Spesies Celurut Baru Asal Sulawesi

Subspesies rubah merah merupakan yang tertinggi di dunia hewan. Kebalikannya, manusia tidak memiliki subspesies.

Metode yang dilakukan untuk menguji hipotesis Darwin yaitu dengan melihat data klasifikasi hewan, kemudian menganalisisnya dengan pengetahuan tentang mamalia dan subspesies hewan untuk mengetahui polanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X