Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Penyakit yang Sering Dikira Stroke karena Gejalanya Mirip

Kondisi seperti Bell’s palsy hingga multiple sclerosis dapat membuat Anda merasa bingung, pusing, wajah asimetris, kesulitan melihat, hingga kesulitan bergerak.

Penyakit yang sering dikira stroke

1. Bell’s palsy

Penyakit Bell’s palsy disebabkan oleh rusaknya saraf yang membantu mengontrol otot-otot wajah Anda.

Kondisi Bell’s palsy akan membuat Anda tiba-tiba mengalami kelemahan di sebagian wajah. Anda mungkin tidak dapat menggerakannya sama sekali.

Sehingga, wajah tampak asimetris dan tampak seperti gejala stroke. Kondisi ini sering dikira stroke.

2. Kejang

Sama seperti stroke, serangan kejang dapat menimbulkan gejala seperti mati rasa, kesemutan, atau kelemahan pada lengan atau kaki Anda.

Setelah kejang besar, Anda juga mungkin akan mengalami apa yang disebut kelumpuhan Todd, di mana Anda tidak bisa menggerakkan satu sisi tubuh.

Ini akan membuat Anda kesulitan berbicara dan melihat. Terkadang berlangsung hanya setengah jam, tetapi bisa berlangsung selama 36 jam.

3. Migrain

Jika Anda mengalami migrain dengan aura, Anda mungkin melihat hal-hal seperti lampu berkedip atau cahaya berbentuk zigzag.

Anda bahkan bisa kehilangan penglihatan untuk sementara waktu. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami kesemutan dan mati rasa di lengan atau kaki.

4. Tumor otak

Seperti stroke, tumor otak bisa menyebabkan gejala yang berbeda tergantung letak tumor berada.

Anda mungkin mengalami sakit kepala, masalah dengan keseimbangan, hingga merasa lemah di lengan atau kaki.

Selain itu, Anda mungkin kesulitan berbicara atau melihat. Atau bahkan merasa bingung dan tidak dapat mengingat banyak hal.

5. Gula darah rendah atau tinggi

Gula darah rendah bisa sangat mirip dengan stroke. Anda mungkin merasa seperti melayang dan jiwa Anda tak ada sepenuhnya.

Tubuh kemungkinan terasa lebih lemah, sehingga membuat Anda sulit menggerakkan satu sisi tubuh.

Kondisi ini bisa membuat Anda pusing, kesemutan di sekitar mulut, dan menyebabkan sakit kepala.

Sementara gula darah tinggi dapat menyebabkan penglihatan kabur dan membuat Anda merasa lemah dan pingsan.

6. Sepsis dan Infeksi Lainnya

Sepsis adalah ketika tubuh Anda keluar kendali melawan infeksi. Misalnya, Anda mengalami infeksi di kulit, paru-paru, ginjal, atau usus.

Kemudian infeksi menyebar dan memulai serangkaian reaksi ke seluruh tubuh. Jika tak seegra diatasi, kondisi ini dapat memburuk dengan sangat cepat dan menyebabkan kegagalan organ dan kematian.

Kondisi sepsi bisa sangat mirip dengan stroke. Misalnya saja infeksi di otak dan tulang belakang.

Ensefalitis -- pembengkakan di otak yang sering disebabkan oleh virus -- dapat membuat Anda sulit berpikir, sulit fokus, hingga sulit menggerakkan beberapa bagian tubuh.

Bahkan, kondisi ini dapat membuat Anda bermasalah dalam melihat dan berbicara.

7. Multiple sclerosis (MS)

Ketika mengalami multiple sclerosis, sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Anda mungkin akan mengalami masalah dengan penglihatan, mati rasa, kesemutan, dan kelemahan otot. Gejala-gejala ini bisa tampak mirip dengan stroke.

8. Gangguan konversi

Ini adalah gangguan kesehatan, di mana Anda mungkin memiliki gejala pada sistem saraf, seperti kesulitan berjalan, masalah dengan pendengaran, penglihatan, atau kesulitan bicara.

Namun demikian, tak ada penyakit saraf atau kondisi medis yang dapat menjelaskan sebabnya.

Gangguan konversi bisa membuat Anda merasa mati rasa atau lemah. Anda mungkin juga kesulitan menjaga keseimbangan, bisa kehilangan suara, atau kesulitan menelan.

Anda juga kemungkinan akan mengalami beberapa bagian tubuh sulit digerakan dan hanya dapat membuat gerakan tersentak-sentak atau bahkan tidak sama sekali. Kondisi ini sering dikira stroke.

Meski demikian, ketika merasa mengalami gejala stroke segeralah ke rumah sakit untuk mendapat pemeriksaan. Selanjutnya dokter yang akan mendiagnosis apakah Anda mengalami stroke atau penyakit lain.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/19/070500823/8-penyakit-yang-sering-dikira-stroke-karena-gejalanya-mirip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke