Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Sembelit dan Proses Terjadinya Menurut Sains

KOMPAS.com - Jika mengalami sembelit pasti rasanya perut tidak nyaman. Rasanya begah dan perut terasa penuh. Apa penyebab sembelit dan bagaimana cara mengatasinya?

Pengertian dan proses terjadinya sembelit

Sembelit adalah kondisi susah buang air besar. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa sakit jika sedang buang air besar dan konsistensi feses keras dan kering. Kondisi ini perlu menjadi perhatian, terutama jika menyebabkan rasa sakit yang parah, terdapat darah pada feses, dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang banyak terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Namun, sembelit lebih mudah menyerang beberapa kelompok tertentu. Contohnya adalah orangtua, ibu hamil dan setelah melahirkan, orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan gangguan saraf.

Proses terjadinya sembelit terjadi ketika usus besar menyerap air terlalu banyak dari sisa makanan yang berada di dalam usus. Hal ini menyebabkan feses menjadi kering dan sulit didorong keluar dari saluran pencernaan.

Jika sembelit tidak diatasi, sembelit bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Beberapa diantaranya adalah hemoroid, fisura ani, infeksi, feses menumpuk di usus, hingga kehilangan kemampuan menahan buang air kecil.

Penyebab

Dilansir dari National Health Services (NHS), penyebab sembelit adalah sebagai berikut:

Jika penyebab sembelit diketahui secara spesifik, Anda bisa mengatasi sembelit dengan cara menghilangkan penyebabnya. Jika kasus cukup parah, dokter mungkin meresepkan obat pencahar.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/04/08/200500923/penyebab-sembelit-dan-proses-terjadinya-menurut-sains

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke