Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lewatkan Puncak Hujan Meteor Phoenicid Malam Ini, Capai 74 Meteor per Jam

Phoenicid adalah hujan meteor minor yang titik radian atau titik asal kemunculan meteornya berada di konstelasi Phoenix dekat bintang Alfa Eridani (Achernar) konstelasi Eridanus.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, hujan metor ini ini bersumber dari sisa debu Komet 289P/Blanpain yang mengorbit Matahari selama 5,18 tahun.

Andi menjelaskan, untuk dapat mengamatinya Anda bisa melihatnya sejak awal senja bahari atau sekitar 20 menit setelah terbenam Matahari.

Hujan meteor Phoenicid masih dapat disaksikan sampai keesokan hari pukul 02.15 waktu setempat dari arah Tenggara hingga Barat Daya.

Menurut Andi, puncak hujan meteor Phoenicid ini sangat sayang untuk dilewatkan, karena intensitas hujan meteor ini untuk Indonesia berkisar 51 meteor per jam di Sabang, hingga 74 meteor per jam di Pulau Rote. 

"Hal ini dikarenakan titik radian berkulminasi pada ketinggian 31°-48° arah selatan, sedangkan intensitas hujan meteor saat di zenit sebesar 100 meteor/jam," kata Andi kepada Kompas.com, Selasa (30/12/2021).

Namun, untuk dapat menyaksikan puncak hujan meteor ini dengan baik, Anda harus memastikan cuaca cerah dan bebas dari penghalang maupun polusi cahaya di sekitar medan pandang. 

Hal ini dikarenakan, intensitas hujan meteor ini berbanding lurus dengan 100 persen minus persentase tutupan awan dan berbanding terbalik dengan skala Bortle.

Untuk diketahui, skala Bortle adalah skala yang menunjukkan tingkat polusi cahaya, semakin besar skalanya maka semakin besar polusi cahaya yang timbul.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/06/191500823/jangan-lewatkan-puncak-hujan-meteor-phoenicid-malam-ini-capai-74-meteor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke