Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Negara dengan Tingkat Obesitas Tertinggi

KOMPAS.com - Obesitas adalah orang dengan Indeks Massa Tubuh lebih dari 30. Diperkirakan sebanyak 3,4 juta penduduk dunia meninggal akibat obesitas. Angka obesitas di dunia terus meningkat di seluruh dunia dan diperkirakan akan terus meningkat.

Terdapat negara-negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Bahkan lebih dari setengah penduduknya mengalami obesitas.

Berikut adalah negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia.

Penyebab obesitas di negara tersebut

Sebanyak 3 dari 5 negara dengan penduduk obesitas terbanyak terletak di Samudera Pasifik. Hal ini disebabkan karena semua bahan makanan diimpor dari luar pulau sehingga harga bahan makanan tinggi. Sedangkan makanan cepat saji jauh lebih murah dan menjadi pilihan banyak orang.

Setelah negara-negara di Samudera Pasifik, diikuti dengan negara-negara Timur Tengah. Hal ini dipicu oleh kebiasaan makan orang Timur Tengah yang makan dengan satu piring besar yang di makan bersama-sama. Kebiasaan tersebut memicu orang cenderung tidak bisa mengukur porsi makannya sendiri dan makan berlebihan karena bersama-sama.

Bahaya obesitas

Obesitas akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit kronis. Contoh penyakitnya adalah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serangan jantung, dan atheroskleroris. Selain itu, obesitas menyebabkan sindrom metabolik yang bisa menurunkan imun tubuh, sehingga tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/16/070000923/negara-dengan-tingkat-obesitas-tertinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke