Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Mangga adalah buah tropis yang banyak tumbuh di berbagai negara dan menjadi sumber nutrisi yang baik untuk kita. Rasanya yang manis dan mengandung nutrisi tinggi membuat buah ini banyak disukai oleh banyak orang.

Kandungan nutrisi buah mangga

Menurut The United States Department of Agriculture, secangkir mangga potong atau sekitar 165 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

Manfaat mangga untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat buah mangga untuk kesehatan

1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah kandungan yang penting untuk tubuh kita. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Mangga mengandung banyak jenis antioksidan. Antioksidan tertinggi di dalam mangga adalah polifenol. Sedangkan kandungan antioksidan lainnya adalah mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, asam benzoat, dan masih banyak lagi.

2. Meningkatkan imun

Mangga mengandung vitamin A dan C yang penting untuk meningkatkan imun tubuh, Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A meningkatkan risiko terkena infeksi.

Sedangkan vitamin C berfungsi merangsang tubuh memproduksi sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem imun manusia.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nutrisi di dalam mangga sangat baik untuk kesehatan jantung, terutama magnesium dan potasium. Keduanya berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam mangga juga mampu mencegah kerusakan sel pada pembuluh darah dan jantung. Ini akan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, dan gagal jantung.

4. Menjaga kesehatan saluran cerna

Mangga mengandung air dan serat yang mampu menjaga kesehatan saluran cerna. Air dan serat berfungsi untuk mencegah konstipasi.
Selain itu, sebuah studi menyebutkan bahwa mangga meningkatkan sekresi enzim pencernaan pada lambung untuk memecah makanan agar dapat dicerna dengan baik.

5. Mencegah penuaan dini pada mata

Mangga mengandung vitamin A dan antioksidan yang bernama lutein dan zeaxanthin. Ketiga zat tersebut mampu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit makula degeneratif.

Ternyata banyak, ya, manfaat buah mangga untuk kesehatan. Apa Anda sudah makan mangga hari ini?

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/27/140000923/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-mangga-untuk-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke