Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Bengkulu Terasa hingga Sumatera Selatan

KOMPAS.com- Wilayah Bengkulu diguncang gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 pada pukul 11.13 WIB, Senin (29/3/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 4,9.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,6 LS dan 102,58 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu pada kedalaman 52 km.

Dijelaskan Bambang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang.

Kendati hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, namun, dampak getaran dari guncangan gempa tektonik ini dirasakan di sejumlah daerah dengan intensitas yang bervariasi.

Getaran gempa bumi dengan skala intensitas III-IV MMI dirasakan di daerah Bengkulu Selatan, Manna dan Seluma. Di mana dengan intensitas getaran gempa ini bila pada siang hari, getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.


Berikutnya, wilayah Kepahiang, Argamakmur, Enggano, Oke Selatan (Sumatera Selatan) juga merasakan getaran gempa dengan skala intensitas II-III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Sedangkan, di wilayah Curup, Krui dan Liwa getaran dirasakan dengan skala intensitas I-II MMI, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 11.40 WIB, Senin (29/3/2021) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock.

Namun, masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah

"Kepada masyarakat (Bengkulu dan Sumatera Selatan) diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu (gempa bumi) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap dia.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/29/133500123/gempa-hari-ini--m-5-2-guncang-bengkulu-terasa-hingga-sumatera-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke