Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Pergi ke Gym Selama Covid-19? Ini yang Harus Diperhatikan

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai, sebagian dari kita mungkin rindu pergi ke gym atau pusat kebugaran.

Namun di sisi lain, ada juga yang khawatir saat berolahraga di dalam ruangan gym justru dapat tertular virus corona Covid-19.

Sejauh ini, bukti ilmiah mengatakan bahwa virus corona SARS-CoV-2 tidak menyebar melalui keringat.

Sebuah studi dari Norwegia yang banyak dikutip tidak menemukan peningkatan infeksi Covid-19 di antara orang yang berolahraga di gym yang secara teratur mencuci tangan dan menjaga jarak.

Jadi, apakah olahraga di gym berarti aman? Belum tentu.

Dilansir WebMD, riset di Norwegia itu dilakukan di lingkungan dengan jumlah kasus virus corona yang hanya sedikit.

Oleh sebab itu, jika kita memilih berolahraga di pusat kebugaran yang terletak di zona merah Covid-19, risiko penularan Covid-19 tetap ada.

"Akan ada risiko penularan di tempat-tempat seperti ruang angkat beban dan studi kebugaran yang digunakan kelompok, di mana kedekatan fisik terjadi," kata Grant Baldwin, PhD, salah satu pemimpin CDC'S Community Interventions amd At Risk Task Force, Covid-19 Response.

Jika ingin pergi ke gym, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, baik sebelum pergi, selama di tempat kebugaran, dan setelah selesai berolahraga.

Sebelum pergi gym

Saat memutuskan apakah aman atau tidak untuk pergi ke gym, Baldwin menyarankan agar Anda menanyakan beberapa hal berikut ke diri Anda sendiri:

Presiden dan kepala sains American Council on Exercise menyarankan untuk mempertimbangkan pengaturan latihan dan ukuran kelas.

Dia mengatakan, untuk saat ini latihan di rumah atau di luar ruangan adalah yang paling aman karena kita tetap dapat menjaga jarak satu meter dengan orang lain.

Latihan di tempat kebugaran bersama pelatih, satu lawan satu, mungkin aman asal dilakukan dengan mematuhi protokol keamanan Covid-19.

Sementara latihan intensitas tinggi dengan ruang terbatas adalah jenis latihan paling berisiko selama pandemi.

"Itu akan menjadi aktivitas, yang secara pribadi, akan saya hindari di gym," ujar Bryant.

Selagi Anda di tempat kebugaran

Selalu bawa masker saat pergi ke tempat kebugaran, meski masker tidak selalu dibutuhkan.

"Saat mengikuti latihan di dalam ruangan yang melibatkan aktivitas fisik yang berat, tidak disarankan untuk mengenakan masker kain," kata Baldwin.

Untuk melindungi diri Anda dari Covid-19 selama berada di pusat kebugaran, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan tips berikut:

Saat Anda meninggalkan gym

Cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona atau kuman apapun adalah dengan mencuci tangan secara benar dan teratur.

Setelah menyentuh peralatan gym apa pun, dan ketika Anda sampai di rumah, cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

Anda bisa juga menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Segera cuci pakaian olahraga Anda setelah sampai di rumah dan jangan lupa untuk mendisinfeksi semua barang yang Anda bawa ke gym, seperti matras yoga atau tali jam tangan.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/06/170300223/ingin-pergi-ke-gym-selama-covid-19-ini-yang-harus-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke