Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya

KOMPAS.com - Bagi Anda yang akan beraktivitas di luar rumah, penting untuk mengetahui bagaimana cuaca di wilayah tujuan.  

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa kondisi atmosfer terpantau di langit Indonesia dan membuat sejumlah wilayah harus waspada terhadap potensi hujan lebat tiga hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa saat ini masih terpantau aktivitas gelombang atmosfer di wilayah Indonesia, seperti Rossby ekuatorial dan Madden Jillian Oscillation (MJO).

Untuk diketahui, Rossby ekuatorial adalah fenomena pergerakan sistem konfektivitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah Barat dan melewati wilayah Indonesia.

Sementara, MJO adalah fenomena pergerakan sistem konfektivitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah timur dan melewati wilayah Indonesia.

"Hal ini memberikan kontribusi pada peningkatan massa udara basah yang mendukung terbentuknya awan-awan hujan dalam beberapa hari ke depan," kata Guswanto.

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan anomali hangat suhu muka laut di perairan Indonesia, terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin atau konvergensi yang memanjang di Pesisir Barat Sumatera, Selat Karimata, sebagian Pulau Jawa, Selat Makassar dan Laut Banda, serta didukung dengan kondisi atmosfer yang hangat dan lembab di sebagian besar wilayah Indonesia.

Berdasarkan analisis beberapa fenomena atmosfer di atas, BMKG memprediksikan dalam periode tiga hari kedepan, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut ini:

Periode 27-29 September 2020 :

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Lampung

- Banten

- DKI Jakarta (potensi pada tanggal 27 September)

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Timur

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Utara

- Gorontalo

- Sulawesi Tengah

- Sulawesi Barat

- Sulawesi Selatan

- Maluku

- Maluku Utara

- Papua Barat


Guswanto menambahkan, khusus untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) konsentrasi hujan intensitas sedang-lebat masih potensial di wilayah Bogor, terutama pada siang hinggasore hari.

Sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta, kondisi cuaca signifikan tanggal 27 September pada siang atau sore hari dengan kondisi relatif menurun untuk dua hari kedepan (28-29 September 2020).

Masyarakat diiimbau, agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kewaspadaan juga perlu ditingkatkan karena potensi cuaca buruk tersebut bisa menyebabkan dampak buruk, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Kondisi tersebut diatas bersifat dinamis dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan dinamika atmosfer di Indonesia, BMKG tetap terus memonitor dan melakukan update perkembangannya," ucap dia.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/27/183000823/bmkg--waspada-cuaca-ekstrem-3-hari-ke-depan-ini-daftar-wilayahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke