Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukti Baru Efek Pemanasan Global, Alga Tumbuh Masif di Ekosistem Danau

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu para ilmuwan di Colorado State University menemukan bahwa danau-danau di kawasan terpencil bagian Barat Amerika Serikat berubah warna menjadi hijau.

Hal itu, tak lain tak bukan, adalah salah satu dampak dari pemanasan global. Data membuktikan konsentrasi alga yang terdapat pada dua danau terpencil itu meningkat sebanyak dua kali lipat dalam 70 tahun terakhir.

Penelitian ini, yang telah dimuat pada jurnal Proceedings of the Royal Society B, menggarisbawahi efek berbahaya dari pemanasan global terhadap perubahan ekosistem alami di wilayah terpencil.

“Bahkan pada danau-danau terpencil yang terdapat pada area konservasi, sidik jari perilaku manusia sangat terlihat,” tutur kepala peneliti dari Colorado State University, Isabella Oleksy, kepada AFP seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (8/7/2020).

Pemanasan ini, lanjutnya, sangat terasa pada dataran tinggi sehingga menimbulkan peningkatan jumlah alga hijau yang signifikan.

Sekelompok ilmuwan tersebut meneliti konsentrasi jumlah alga pada danau yang berlokasi sekitar 100 kilometer dari Kota Denver. Mereka menggunakan alat untuk mengambil sampel sendimen dari bagian dasar danau.

Berdasarkan data pada 1950-an, mereka menemukan adanya perubahan drastis jumlah alga hijau bernama chlorophytes yang muncul saat suhu hangat.

Oleksy menyebutkan, jumlah alga hijau di danau tersebut biasanya ditemukan pada area-area berpolusi tinggi. Bukan pada lingkungan yang masih alami seperti danau tersebut.

“Saat kami mendokumentasikan perubahan ini, kami menyadari bahwa ini merupakan fenomena alam yang terisolir,” tuturnya.

Apakah peningkatan jumlah alga ini merupakan hal bagus? Tentu saja tidak. Pertumbuhan alga mengindikasikan adanya peningkatan jumlah fosfor dan nitrogen.

Pada danau dan lautan, alga bisa meracuni hewan dan menggoyahkan stabilitas lingkungan air dengan menghambat sinar matahari. Pertumbuhan alga di perairan tawar memiliki dampak ekonomi yang sangat besar, terutama dalam bidang perikanan dan pariwisata.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/08/120200823/bukti-baru-efek-pemanasan-global-alga-tumbuh-masif-di-ekosistem-danau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke