Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membandingkan Nutrisi Daging Sapi, Ayam, dan Babi

KOMPAS.com – Mengatasnamakan hidup sehat, tak sedikit orang yang menghentikan konsumsi segala jenis daging. Mulai dari daging sapi, ayam, hingga babi.

Padahal, jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, daging memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Lain halnya jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, yang menjadi penyebab berbagai penyakit termasuk kardiovaskular.

Ahli fisiologi olahraga Jim White RDN, ACSM menyebutkan bahwa daging memiliki banyak nutrisi yang penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan tubuh.

“Daging merupakan sumber yang sangat bagus dari protein, zat besi, dan mikronutrien seperti B-12, zinc, dan selenium. Bahkan bagian tulangnya, jika membuat kaldu tulang, kita akan mendapatkan nutrisi seperti kolagen dan zat besi,” tutur White seperti dikutip dari Healthline, Rabu (13/5/2020).

Tiap jenis daging memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa menyesuaikan konsumsi tiga jenis daging ini dengan kebutuhan.

Daging sapi

Daging sapi (beef/ red meat) berasal dari hewan ternak. Daging sapi merupakan sumber protein yang memiliki asam amino esensial untuk menunjang aktivitas fisik.

Daging sapi memiliki kandungan:
- Protein
- Zat besi
- Zinc
- Niacin
- Choline
- Vitamin B-12

“Hanya dengan tiga ons daging masak, Anda mendapatkan 10 nutrisi esensial. Termasuk setengah jumlah protein harian,” tutur White.

Namun jumlah asupan harian daging sapi berbeda-beda setiap orang, tergantung berat badannya. White menuturkan, rumusnya adalah 0,8 gram per kilogram berat badan.

Misal, jumlah daging sapi yang dibutuhkan oleh orang dengan berat badan 72 kg adalah 60 gram. Jika berat badan Anda 63 kg, asupan daging sapi harian adalah 50 gram.

Daging ayam

Daging ayam (chicken) memiliki kandungan protein yang tinggi dengan jumlah lemak lebih sedikit dibandingkan daging jenis lain. Bicara soal ayam, yang terlintas di benak Anda pastilah white meat atau daging berwarna putih.

White meat terutama bagian dada ayam merupakan opsi yang sangat baik untuk Anda yang menginginkan asupan protein tinggi dan rendah lemak.

Daging ayam memiliki nutrisi sebagai berikut:

- Zat besi
- Zinc
- Selenium
- Beberapa jenis vitamin B

White menuturkan, daging ayam seberat 3 ons (tanpa kulit) menyuguhkan 25 gram protein dan 130 kalori.

Daging babi

Baru-baru ini, situs berita BBC mengurutkan 100 makanan paling bernutrisi dan daging babi berada pada urutan 8.

Daging babi (pork) kerap disebut the other white meat (daging putih lainnya). Daging ini memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi.

Daging babi memiliki kandungan nutrisi:

- Thiamine
- Vitamin B6 dan B12
- Potassium
- Zat besi
- Magnesium

Penelitian membuktikan, zat lemak yang terdapat pada daging babi lebih sulit untuk dicerna dibanding daging sapi atau kambing. Hal ini juga berarti daging babi memiliki asam lemak omega-3 yang lebih banyak.

Daging babi juga memiliki kandungan oleic acid yang tinggi.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/13/201131023/membandingkan-nutrisi-daging-sapi-ayam-dan-babi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke