Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikatan Sosial Seperti Manusia, Burung Flamingo Punya Teman Dekat

KOMPAS.com- Selama lima tahun, peneliti mengamati kehidupan kawanan burung flamingo. Spesies burung dengan fisik dan bulu yang unik ini ternyata lebih suka menghabiskan waktu dengan teman dekat.

Burung yang identik dengan warna merah muda tersebut juga cenderung menghindari flamingo lain yang tidak mereka kenal dalam satu kawanan.

Penulis penelitian, Dr Paul Rose menyebut jika teman dekat ini biasanya hanya terdiri dari 4-5 flamingo.

Menariknya, burung-burung ini memiliki ikatan sosial yang sudah berlangsung lama. Temuan tersebut juga menunjukkan jika flamingo memiliki struktur sosial kompleks.

"Flamingo memiliki umur panjang dan penelitian kami menunjukkan persahabatan mereka stabil selama bertahun-tahun. Seperti manusia, flamingo membentuk ikatan sosial," ungkap Rose, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (24/4/2020).

Flamingo membentuk ikatan sosial karena berbagai alasan. Namun fakta bahwa mereka bisa memiliki umur panjang menunjukkan jika ikatan sosial penting untuk bertahan hidup di alam liar.


Rose berpendapat kelompok kecil ini dapat membantu lebih mudah untuk menemukan kawanan, mengawasi jika ada predator dan juga mengetahui kapan kawanan akan pundah.

Peneliti juga mengungkapkan musim turut memengaruhi terjadinya interaksi sosial. Sebagian besar ikatan sosial kawanan flamingo ini terbentuk di musim semi dan musim panas.

Kesehatan bukan menjadi hal yang penting. Akan tetapi, flamingo tetap mempertahankan kelompok mereka meski salah satu tidak dalam kondisi prima.

Lebih lanjut, hasil studi ini dapat digunakan untuk membantu dalam mengelola flamingo yang berada dalam perawatan maupun penangkaran.

Misalnya jika ingin memindahkan flamingo ke tempat lain, jangan sampai memisahkan flamingo yang terikat erat satu sama lain.

Penelitian mengenai flamingo yang telah dipublikasikan dalam jurnal Behavioral Processes merupakan hasil dari studi yang dilakukan oleh University of Exeter.

Para peneliti melakukan penelitian ikatan sosial terhadap kawanan flamingo di Karabia, Chili, Andean dan Lesser flamingos di Wildfowl serta Wetlands Trust’s Slimbridge Wetland Centre sepanjang tahun 2012 hingga 2016.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/24/200200623/ikatan-sosial-seperti-manusia-burung-flamingo-punya-teman-dekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke