Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Covid-19, Jangan Bandingkan Indonesia dengan Singapura

KOMPAS.com – Tiap negara memiliki cara penanganan masing-masing berkaitan dengan kasus Covid-19. Singapura misalnya, dipuji banyak pihak sebagai negara yang tanggap menangani kasus pandemik tersebut.

Empat orang ahli epidemiologi Marc Lipstich dari Harvard TH Chan School of Public Health pernah menyebutkan bahwa pendekatan Singapura terhadap deteksi virus SARS-CoV-2 merupakan yang terbaik, disebut sebagai "gold standard".

Studi tersebut, seperti dilansir dari Asia News Network pada Rabu (19/2/2020), menyebutkan bahwa apabila negara-negara di dunia memiliki alat deteksi virus SARS-CoV-2 layaknya Singapura, mungkin jumlah penderitaya sudah 2,8 kali lebih banyak dari sekarang.

Sementara itu, sebelumnya Marc Lipstich selaku salah satu ahli epidemiologi dari institusi yang sama menyebutkan bahwa sistem kesehatan di Indonesia dan Thailand mungkin tidak dapat mendeteksi virus SARS-CoV-2.

Sebelum ditemukannya kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia, hal tersebut telah dibantah oleh Siswanto selaku Kepala Badan Litbang Kementerian Kesehatan.

Tidak bisa dibandingkan

Representatif World Health Organization (WHO) untuk Indonesia, Dr N Paranietharan, menyebutkan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan Singapura.

“Penanganan di negara-negara besar seperti Indonesia ini tidak bisa dibandingkan dengan negara seukuran Singapura. Di Singapura, populasinya sedikit,” tutur N Paranietharan saat sesi diskusi bersama media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Populasi yang minim di Singapura, lanjut ia, sangat membantu pemerintah dan petugas medis untuk memetakan kasus Covid-19 dengan mudah.

“Singapura punya Covid-19 mapping, karena mapping di negara tersebut mudah. Kalau negaranya sebesar Indonesia, butuh resource yang banyak,” tambah N Paranietharan.

N Paranietharan menjelaskan bahwa terkait kasus Covid-19, tiap negara di dunia harus mempraktekkan 3C yaitu Cases, Clusters, dan Community Transmission.

“Pihak-pihak harus bekerja sama menemukan kasus dengan cepat, kemudian membuat clusters lewat diagnosis dan analisa, serta menutup community transmission sehingga meminimalisir penyebaran virus,” tutupnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/09/190200223/soal-covid-19-jangan-bandingkan-indonesia-dengan-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke