Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga Rumah Seken di Bogor Tertinggi Se-Jabodetabek

Kompas.com - 29/02/2024, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bogor menjadi kawasan di Jabodetabek yang mencatatkan kenaikan harga tahunan rumah seken tertinggi.

Dalam FlashReport Rumah123 edisi Februari 2024, harga rumah di Bogor naik hingga 4,7 persen.

Kemudian, disusul Bekasi (2,8 persen), Tangerang (2,4 persen), serta Depok dan Jakarta masing-masing 2,3 persen dan 1,2 persen.

Namun, apabila dilihat dari sisi popularitas, rumah seken di Jakarta dan Tangerang lebih unggul selama tiga bulan terakhir.

Untuk diketahui, popularitas tahunan tertinggi terdapat di Tangerang sebesar 2,3 persen, dan Jakarta Selatan maupun Jakarta Utara masing-masing 1,6 persen dan 1,3 persen.

Baca juga: Pembeli, Jangan Sampai Beli Rumah Seken yang Penuh Rayap

Head of Research Rumah123 Marisa Jaya membeberkan mengapa terjadi fenomena kenaikan pasar rumah tapak di dua daerah tersebut.

Kata dia, tren peningkatan ini bisa mengindikasikan potensi pertumbuhan pasar rumah tapak seken di Jakarta dan Tangerang pada tahun ini.

"Kemungkinan faktor yang memengaruhi popularitas kedua area ini adalah respons positif masyarakat terhadap beroperasinya Tol Cinere-Serpong Seksi 2 pada akhir tahun 2023, yang meningkatkan aksesibilitas kawasan Jakarta-Tangerang," ujar Marisa dalam laporannya, Rabu (28/2/2024).

Selain itu, juga bisa dipengaruhi dengan insentif Pajak Pertambah Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP), serta meningkatnya minat pembelian hunian pada periode pergantian akhir tahun ke awal tahun baru.

Lalu, kemungkinan didukung pemanfaatan bonus tahunan kerja karyawan sebagai modal atau dana tambahan untuk membayar uang muka maupun biaya lainnya terkait pembelian rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com