Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2024, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di IKN dimulai Rabu (17/1/2024) besok.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam media briefing dalam jaringan (daring), Selasa (16/1/2024).

"Kantor OIKN akan mulai dibangun, 2024 tahun OIKN akan berperan di sana, Nusantara akan terwujud dan kantornya mulai dibangun," tegas Agung.

Pembangunan Kantor OIKN ini dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan OIKN menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun demikian, Agung tidak menyebutkan berapa anggaran yang dihabiskan untuk membangun Kantor OIKN tersebut.

Selain Kantor OIKN, Kementerian PUPR juga akan mulai melaksanakan dua proyek APBN lain, yakni masjid negara dan memorial park.

Masjid negara di IKN diperkirakan bisa menampung sekitar 1 juta jemaah, mengingat IKN ditargetkan populasinya bisa mencapai 2 juta.

"Kalau salat Jumat misalkan itu akan cukup besar. Saya tidak bisa katakan apakah terbesar tapi pastinya sangat signifikan besar," imbuh Agung.

Baca juga: IKN Bebas Kabel Bergelantungan, Gunakan Terowongan Multi Utilitas

Sementara memorial park yang akan diberi nama Beranda Nusantara ini adalah taman untuk peringatan atau sejarah suatu negara.

"Kalau kita lihat di Washington DC ada yang namanya National Mall, di situ ada patungnya Abraham Lincoln. Nanti kita lihat memorial park (Nusantara) seperti apa," lanjut Agung.

Adapun groundbreaking proyek IKN tahap empat ini akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain proyek APBN, juga ada groundbreaking proyek investasi swasta.

"Ini menu yang akan kita hadapi besok, detailnya besok Pak Presiden ada di sana satu hari penuh untuk 11 titik," tandas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com