Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2024, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berupaya menghadirkan Automated Rail Transit (ART) atau Kereta Otonom di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu dilakukannya dengan bertemu Menteri Transportasi Republik Rakyat China Li Xiaopeng di Kota Beijing, China, pada Jumat (12/01/2024).

Menhub juga telah melakukan penjajakan dengan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) selaku perusahaan yang mengembangkan ART dan juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Budi telah menyampaikan keinginan Pemerintah Indonesia menggunakan satu set Kereta Otonom dari CRRC untuk dioperasikan di IKN.

"Satu set kereta terdiri dari tiga gerbong, berkapasitas 307 penumpang, memiliki kecepatan operasional 40 km/jam dan kecepatan maksimal 70 km/jam," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Keren, China Punya Kereta yang Beroperasi di Jalan Raya Tanpa Rel

Pihak CRRC juga dikabarkan bakal membawa unit Kereta Otonom ke Indonesia, sebagai etalase pameran yang akan diselenggarakan di IKN pada sekitar Juli 2024.

"Ini menjadi ajang demonstrasi kemampuan dari Kereta Otonom," tandasnya.

Selain membahas peluang kerja sama pembangunan Kereta Otonom di IKN, dalam pertemuan ini Menhub juga meminta dukungan Pemerintah China untuk mengundang pihak-pihak swasta dapat melakukan investasi proyek perkeretaapian di kota-kota besar di Indonesia seperti di Bandung, Semarang, dan Makassar.

Prinsipnya, Indonesia dan China berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pengembangan infrastruktur transportasi nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com