Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Cagar Budaya, Rumah Betang Lunsa Hilir Dipersolek

Kompas.com - 13/10/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sedang mempercepat penyelesaian rehabilitasi Rumah Betang (Soo Langke) Lunsa Hilir di Dusun Danum Doro, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Rehabilitasi dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan pelestarian budaya masyarakat Suku Dayak setempat.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar, Deva Kurniawan mengatakan, Rumah Betang menjadi tempat kediaman masyarakat Sub Suku Dayak Taman turun temurun.

Rumah Betang ini didirikan pada tahun 1942 dan telah mengalami beberapa kali perbaikan.

Perbaikan yang pertama dilakukan sekaligus untuk memindahkan beranda (Ta’soo) menjadi menghadap ke Jalan Raya, di mana sebelumnya menghadap ke sungai, karena sungai merupakan hal sakral bagi suku Dayak Taman.

"Total ada sekitar 30 bilik di Rumah Betang ini, saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 65,984 %," ujar Deva dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: Rumah Adat Dayak Taman 81 Tahun Direnovasi, Anggaran Rp 20,3 Miliar

Ada pun lingkup pekerjaanya berupa Pekerjaan Rehabilitasi Bangunan Utama Rumah Betang, Pekerjaan Bangunan Servis, Pekerjaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) & Perkerasan Jalan, Pekerjaan Dapur Komunal, Pekerjaan Penataan Kawasan, dan Pekerjaan Mekanikal Elektrikal.

Deva menambahkan, beberapa perbaikan yang dilakukan pada bangunan tersebut di antaranya rehabilitasi selasar teras di bangunan utama, rehabilitasi sebagian atap di bangunan utama, dan juga dilakukan pembangunan bangunan tambahan termasuk dapur komunal.

"Rehabilitasi menggunakan pembiayaan APBN tahun 2023 sebesar Rp 19,1 miliar yang pekerjaannya dimulai sejak April 2023 dan akan selesai sesuai kontrak di akhir November 2023," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com