Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2023, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal mempunyai museum yang menerapkan teknologi futuristik.

Rencana ini diperkuat dengan kunjungan yang dilakukan oleh Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono beserta jajarannya ke France Museums di 20, rue Bachaumount, Paris, Perancis, Rabu (4/10/2023).

Bambang menjelaskan, OIKN juga ingin mengetahui pengembangan museum terkini tanpa menghilangkan karakteristik Nusantara.

"Sebagai contoh, ada museum untuk melihat sejarah, tapi sekarang banyak konsep-konsep museum yang lebih masa depan. Misalkan dengan penggunaan teknologi hologram. Jadi yang diproyeksikan ke depan seperti apa?," tutur Bambang, dikutip dari keterangan resmi.

Direktur Proyek Khusus France Museums Junia Jorgji mengatakan, yang terpenting adalah tidak meniru sesuatu yang sudah ada sebelumnya.

"Ini kesempatan yang baik untuk berpikir out of the box. Yang penting adalah, jangan mencontoh sesuatu yang sudah ada," tuturnya.

Baca juga: November 2023, Ada Groundbreaking Proyek Baru di IKN

Selain itu, hal yang menjadi unsur penting di dalam museum adalah bagaimana menciptakan teknologi yang adaptif.

Pasalnya, bisa jadi teknologi yang disiapkan saat museum dibangun, berubah trennya pada saat pembukaan.

"Hal ini dikhawatirkan malah tidak sesuai dengan harapan pengunjung. Teknologi hanya sebagai alat," tegas Direktur Umum France Museums Herve Barbaret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com