Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Besok, Basuki Kumpulkan Menpora, Ketum PSSI, Gubernur DKI, dan Jabar di Pattimura

Kompas.com - 08/08/2023, 19:48 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengundang jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk membahas soal renovasi stadion menjelang Piala Dunia U-17, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

"Besok kan yang saya undang Ketua Umum PSSI, Menpora, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Jakarta Utara dan Bupati Bandung, saya undang besok di PU jam 11," ucap Basuki, Selasa (8/8/2023).

Untuk diketahui, Kantor PUPR berada di Jalan Raya Pattimura 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebut Basuki, ada empat stadion yang akan disiapkan untuk Piala Dunia U-17 mendatang, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Bung Tomo, dan Stadion Manahan.

Detail renovasi stadion akan disampaikan pada pertemuan yang dihadiri para pejabat Rabu besok.

"Kan sudah ada empat itu stadionnya. Berdasarkan FIFA itu apa saja yang harus diperbaiki, besok akan dipaparkan," imbuh Basuki.

Namun demikian, Basuki menjelaskan bahwa dalam renovasi JIS, Kementerian PUPR mendapatkan tugas untuk membangun Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dari JIS ke Ancol sepanjang 470 meter senilai sekitar Rp 80 miliar.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan, pada awalnya ada delapan stadion yang akan direnovasi yang kemudian disepakati menjadi empat.

Baca juga: Soal Renovasi JIS, Basuki Tunggu Arahan Heru Budi

"Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 dan tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin," ucap Erick Thohir, Senin (7/8/2023).

Selain itu, penetapan empat stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 juga dilakukan untuk efisiensi mobilitas.

"Bahwa nanti untuk di Jakarta ada dua grup, lalu di Bandung di Si Jalak Harupat dua grup, lalu di Surabaya satu grup dan Solo satu grup. Kita juga mengusulkan tim nasional main di Jakarta, lalu pembukaan di Jakarta, semifinal dan final di Solo seperti yang U-20," tambah Erick Thohir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com